Takbiran Berjalan Aman – Ambon Ekspres
Trending

Takbiran Berjalan Aman

AMBON,AE— Pelaksanaan malam takbiran hingga shalat id, di Kota Ambon dan sekitarnya berjalan aman dan lancar. Tidak ada terjadi insiden baik tindakan kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas. Tidak ada korban dalam perayaan lebaran.

Dari pantauan koran ini, saat takbiran aparat gabungan TNI-Polri bersenjata lengkap menggunakan kopiah putih disiagakan di sejumlah titik, sejak lepas Magrib sekitar pukul 20.00 WIT. Tidak ada tindakan reprensif dari aparat untuk membubarkan warga yang melakukan konvoi di jalan raya, hanya saja beberapa jalan disekat seperti di Batumerah, Ay Patti dan Talake.

Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismail, kepada wartawan di kediamannya mengatakan, pengamanan lebaran kali ini berjalan lancar karena didukung oleh semua pihak terutama komunitas non muslim. ”Alhamdulillah, pelaksanaan malam takbiran kemarin (red-) tidak ada terjadi hal-hal yang menonjol. Ini berkat kerjasama kita semua, terutama warga Kota Ambon yang non muslim,” tuturnya.

Menurutnya, rasa solidaritas umat beragama di daerah ini semakin kuat, terutama dalam menjaga hari-hari besar keagamaan.” Beberapa tahun terakhir memang masyarakat saling mengambil bagian untuk berpatisipasi menjaga keamanan saat lebaran maupun natal, jadi saya sangat berterima kasih kepada umat non muslim di daerah ini” ucapnya.

Selain rasa toleransi yang kuat, lanjut Murad, masyarakat di daerah ini tidak mudah untuk diprovokasi,” Masyarakat kita sekarang sudah lebih cerdas dan tidak mau lagi dipecah-belahkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya. Lebih lanjut, Murad mengatakan, kerjasama TNI-Polri dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, juga menjadi indikator kesuksesan pengamanan.

“Sangat disayangkan kalau kita bekerja sendiri. karena tidak akan efektif. Maka dari itu saya selalu meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi bersama pihak lain terlebih TNI dalam melayani masyarakat kita,” paparnya.

Sementara, kelancaran perayaan hari kemenangan umat muslim tahun ini, diapresiasi oleh beberapa pihak, salah satunya datang dari Direktur Utama Ambon Ekspres Machfud Waliulu.

Dikatakan pengamanan takbiran kali ini sangat berjalan baik tanpa gangguan. Banyak masyarakat yang memberikan apresiasi terhadap pengamanan, karena baru pernah terjadi tidak ada satupun kejadian maupun korban yang jatuh pada malam itu,” tuturnya.

Apalagi, kata Waliulu, masyarakat merasa senang dengan kehadiran aparat yang dinilai lebih humanis dengan menggunakan kopiah putih.” Dulu itu pengamanan dilakukan sendiri-sendiri dimana pos polisi sendiri pos TNI sendiri, tapi kali ini bersamaan dan seragam menggunakan kopiah putih, ini menunjukan citra yang baik,” ungkapnya.

Waliulu berharap, pengamanan seperti ini tidak hanya dilakukan di tahun ini tetapi terus dilaksanakan hari-hari keagamaan kedepan,” Tentunya masyarakat sangat berharap model pengamanan seperti ini terus dilakukan dengan menonjolkan simbol-simbol perdamaian, agar berdampak positif kepada masyarakat di daerah ini, dalam membangun kerukunan dan tali persaudaraan,” pungkasnya. (ARI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!