27 Juli, Mufakat dan Sus-Goo Mendaftar – Ambon Ekspres
Trending

27 Juli, Mufakat dan Sus-Goo Mendaftar

AMBON,AE— Dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas-Fachri Alkatiri dan Sitti Umuriyah Suruwaky-Sjafri Goo berencana mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah setempat, 27 Juli. Sementara Golkar kubu Aburizal Bakrie meminta kubu Agung Laksono untuk menyatukan pendapat agar merekomendir calon yang sama.

“Pendaftaran di buka pada 26,27 dan 28 Juli. Kita sudah sepakat mendaftar pada tanggal 27, hari Senin,”ujar Mukti secara resmi dihadapan ratusan puluhan pendukung dan simpatisan Mufakat di Desa Rarat, Kecamatan Gorom Timur, Senin (20/7).

Mukti juga menyampaikan hal yang sama di beberapa desa lainnya saat melakukan konsolidasi bersama tim pemenangan provinsi. Ketua DPRD kabupaten SBT ini itu menyatakan, saat ini Mufakat telah mengantongi rekomendasi Gerindra (3 kursi) dan PKS (2 kursi). Mufakat juga sedang mengincar rekomendasi partai Demokrat.

Olehnya itu lanjutnya, ia dan Fachri telah siap bertarung mendapatkan kursi bupati dan wakil bupati daerah bertajuk Ita Wotu Nusa itu.”Itu artinya kami sudah siap bertarung. Insyah Allah rekomendasi Demokrat juga kami dapatkan,”katanya.

Pilkada SBT kali ini, menurut Mukti, merupakan pertarungan terbuka dari titik nol dengan pasangan Sitti Umuriyah Suruwaky-Sjafrudin Goo. Pasalnya, keempat tokoh SBT itu akan memundurkan diri dari jabatan masing-masing sebagai anggota DPRD dan PNS. “Ini pertarungan terbuka. Saya dan pak Fachri akan mundur dari jabatan anggota DPRD. Begitu juga dengan ibu Sitti dan Ongen Goo yang saat ini berstatus PNS (pegawai Negeri sipil). Jadi tidak ada yang namanya incumbent,”kata ketua DPD partai Golkar SBT itu.

Anggota tim Relawan pasangan Sus-Goo, Manan Rahawarin mengatakan, pendaftaran ke KPUD SBT di Bula kemungkinan tanggal 27 Juli. Soal penambahan rekomendasi, Manan mengaku, belum mengetahuinya. “Yang jelas untuk pendaftran di KPUD SBT oleh tim Sus-Goo dan partai pengusung yang sudah memberikan rekomendasi.Untuk waktunya, mungkin tanggal 27. Kami sebagai tim relawan siap mensukseskan saat pendaftaran di KPUD SBT nanti,”singkat Manan via sms, kemarin.

Pasangan Sus-Goo telah memenuhi persyaratan 20 persen kursi yakni yakni Hanura (3 kursi) PKPI (3 kursi) dan PKB (1 kursi) dan PDIP. Namun, pasangan ini, masih melirik dan optimis mendapatkan rekomendasi Demokrat, Golkar kubu Agung dan PPP.

“Selain empat partai itu, kami juga melirik partai lain, yakni PPP, Demokrat dan Golkar yang Insha Allah sudah 90 persen. Bahkan partai non seat juga akan dapatkan, yakni PAN dan PBB,” tambah Manan. Pertimbangkan Rekomendasi Sementara itu DPD Partai Golkar Maluku kubu Aburizal Bakrie (ARB) meminta kubu Agung untuk mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan kepada pasangan Sus-Goo. Pasalnya, belum ada putusan hukum berkekuatan hukum tetap.

“Selain itu dalam rangka Golkar bisa ikut Pilkada, kami minta kubu Agung meninjau kembali rekomendasi yang telah dikeluarkan. Karena menurut informasi yang kami dapatkan, mereka telah mendapatkan rekomendasi ke pasangan Sitti dan Ongen Goo,”kata fungsionaris partai Golkar Maluku, Ronny Sianressy via telepon, Kamis (16/7).

Menurut Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Maluku itu, menjadi tak adil bila Golkar kubu Agung merekomendasikan pasangan Sus-Goo. Untuk Pilkada SBT, kata dia, figur yang pantas mendapatkan rekomendasi partai berlambang pohon beringin itu. “Jadi, adil kalau mereka memberikan rekomendasi kepada Mukti Keliobas. Kan dia (Mukti-red) adalah ketua DPD. kalau ke pasangan lain, itu tidak adil,”katanya.

Disinggung ketentuan KPU bahwa Golkar akan abstain di pilkada bila calon yang direkomendasikan kedua kubu, berbeda, ia mengaku, masih dalam tahapan komunikasi. Olehnya ia juga mengimbau Pelaksana Tugas (Plt) ketua DPD Partai Golkar Maluku versi Munas Ancol Hamzah Sangadji mengutamakan kepentingan partai. (TAB)

Most Popular

To Top