Cold Store Masnana Terancam Rusak – Hacked by TryDee
Lintas Pulau

Cold Store Masnana Terancam Rusak

Kendati sudah dibangun namun cold store atau gedung tempat  penyimpanan ikan  yang dibangun  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku di desa Masnana, Kecamatan Namrole,  Kabupaten Buru Selatan (Bursel) sampai sekarang  belum diserahkan kepada pemerintah kabupaten setempat.

Bila dibiarkan begitu saja, lama kelamaan bangun atau cold store yang dibangun dengan dan ratusan juta rupiah itu bakal rusak dimakan rayap. “Jadi sampai saat ini belum ada penyerahan dari Dinas Perikanan Provinsi Maluku kepada Pemkab Bursel terutama  DKP Bursel, terkait dengan pembangunan kolstor ikan di desa Masnana,” ujar salah satu pegawai DKP Bursel yang enggan namanya dikorankan.
Mestinya kata dia, setelah proyek pembangun cold store itu selesai, DKP Maluku harus melakukan koordinasi dengan DKP Bursel agar bisa serahkan untuk selanjutnya  difungsikan dan bukan dibiarkan begitu saja. Apalagi Kabupaten Buru Selatan juga memiliki potensi perikanan yang sangat menjanjikan.
Selama ini hasil tangkapan nelayan sulit ditampung, dan hasil tangkapan nelayan disana lebih banyak diarah ke cold store di Kaeyeli, Kabupaten Buru.
“Tidak mungkin hasil tangkapan mereka harus di bawah ke Kota Ambon untuk disimpan disana, karena jarak tempuh yang sangat jauh,” sebutnya.
Belum diketahui penyebabkan cold store yang dibangun Pemprov Maluku belum juga diserahkan kepada Pemkab Bursel untuk di manfaatkan. “Kalau terus dibiarkan begitu saja cold store akan rusak,” ujarnya.
Sementara itu, mantan Kepala DKP Bursel Ismael Sangadji mengatakan, belum dimanfaatkan cold store tersebut lantaran belum ada serah terima dari Pemprov Maluku ke Pemkab Bursel.
“Kalau sudah ada penyerahan pasti sudah bisa dimanfaatkan,” katannya saat dikonfirmasi Ambon Ekspres belum lama ini.
Selain itu kata dia, kendala lain yang menyebabkan belum berfungsinya adalah masalah aliran listrik. Pasokan listrik ke cold store harus 24 jam, karena fungsinya untuk mengawetkan ikan. (ESI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!