Ini Sebabnya Mengapa Bayi Sering Bergadang di Malam Hari – Ambon Ekspres
Kesehatan

Ini Sebabnya Mengapa Bayi Sering Bergadang di Malam Hari

Setiap orang tua tentu ingin bayinya memiliki jadwal tidur yang normal dan teratur. Namun yang terjadi seringnya tak demikian, setiap malam justru bayi kerap bergadang.

Menurut dokter spesialis anak RS Pondok Indah (RSPI), dr M. Tatang Puspanjono, SpA, M.Klinik Ped, waktu lamanya tidur bayi dibedakan bergantung pada usianya. Bayi usia 0 hingga 1 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14 hingga 18 jam setiap harinya, dan setelah menginjak usia 1 bulan hingga 18 bulan waktu tidur bayi berkurang menjadi 12 hingga 14 jam per hari.
“Berbeda dengan jam tidur orang tuanya yang hanya mencapai 6 hingga 8 jam saja. Beberapa orang tua pun kerap kali dibuat kerepotan akibat bayi yang selalu terjaga hingga larut malam. Kondisi seperti ini bisa meningkatkan stres pada orang tua akibat tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Selain itu, bayi yang kerap bergadang dikhawatirkan akan berdampak pada proses tumbuh kembangnya,” tutur dr Tatang.
Kepada detikHealth, dr Tatang menyebutkan beberapa faktor yang memengaruhi mengapa bayi sering bergadang. Salah satunya adalah kondisi bayi yang masih ‘segar’ di malam hari.
“Hal ini biasanya dipicu karena bayi mendapatkan waktu tidur siang yang cukup yang membuatnya masih aktif saat malam hari,” imbuhnya, seperti ditulis pada Selasa (21/7/2015).
Selain itu, waktu tidur bayi yang tanggung juga kerap menjadi alasan. Misalnya jika bayi tertidur di sore hari, maka biasanya akan menambah stamina bayi dan membuatnya lebih aktif, sehingga tak jarang jika hingga larut malam ia masih semangat untuk beraktivitas.
Bisa juga bayi sebenarnya masih ingin bermain sehingga rasa kantuknya belum muncul. “Orang yang paling dekat dengan bayi sewaktu ia masih kecil adalah orang tuanya. Ketika Anda dan suami adalah seorang pekerja kantoran yang kurang memiliki waktu dengan si kecil, maka jangan heran jika ketika anda baru pulang kantor si kecil akan girang dan terus ingin bermain,” tutur dr Tatang. (ajg/up)

Most Popular

To Top