Terduga Pelaku Bom Haruku Ditahan – Ambon Ekspres
Trending

Terduga Pelaku Bom Haruku Ditahan

AMBON, AE— Pelaku pelemparan bom ke arah pelajar asal Pelau, kecamatan Haruku,  Kabupaten Maluku Tengah, berhasil diciduk polisi. Pelaku AS (24) diamankan di Desa Ori, Senin (20/7) malam. Kini polisi masih melakukan penyidikan terhadap AS.

AS ditahan karena melakukan pengeboman terhadap sejumlah siswa-siswi SMP yang baru saja pulang berwisata di pantai Yanain, kawasan desa Hulaliu, Minggu malam.

Kepala Kepolisian Sektor Pulau Haruku, Iptu Fredy Latuconsina kepada Koran ini menjelaskan, saat dilakukan penangkapan keluarga pelaku menolak. “Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan sejumlah saksi maka terungkapnya nama AS ini. Namun saat mau ditangkap keluarga pelaku menolak, maka kemudian kita melakukan panggilan. Akhirnya pelaku menyerahkan diri,” kata kapolsek ketika dihubungi Koran ini Rabu sore kemarin.

Menurutnya, setelah pelaku menyerahkan diri, polisi langsung mengamankan pelaku di Mapolsek Haruku. Dan sekira pukul 05.00 Wit, Selasa pagi kemarin pelaku dibawa ke Mapolres Ambon dengan menumpangi speedboat, dari Pelauw.

“Dari sejumlah saksi yang kita periksa memang rata-rata mengarah kepada terduga pelaku. Sudah dibawa dengan menggunakan speadbot, yang dikawal oleh anggota. Pelaku sudah ada di Mapolres Ambon,” terangnya.

Sementara Kaur operasional Satuan Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Iptu Izack Salamor, mengatakan, dalam pemeriksaan lanjutan yang dilakukan oleh penyidik pelaku tidak mengakui perbuatannya, namun terdapat beberapa alat bukti yang cukup kuat sehingga AS ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

“Dia (AS) tidak mau mengakui perbutannya, tetapi alat bukti yang kita kantongi saat pemeriksaan saksi terbukti, sehingga kita tetapkan dia sebagai tersangka,” kata Salamor.

Dikatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.” Sudah 3 orang saksi yang kita periksa, ya nanti ada penambahan 3 saksi lagi yang akan mintai keterangan.

Tadi sudah kita hubungi suruh ke Ambon, karena gelombang mereka belum bisa datang. Mungkin besok sudah bisa dimintai keterangan 2 saksi ini,” imbuhnya.

Terpisah Kepala Bagian operasional Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Ajun Komisaris Polisi Bachrie Hehanussa menegaskan, kondisi keamanan di Pulau Haruku, kondusif. Masyarakat sejumlah desa di pulau tersebut, tetap beraktifitas seperti biasanya.

Sementara polisi masih menempatkan sebanyak dua platon BKO dari Satuan Brimob polda Maluku dan dan Satgas TNI BKO.  “Aparat masih ada disana, yakni Brimob BKO, kemudian TNI BKO ditambah dengan personil dari polsek dan koramil yang ada. Kami berharap agar situasi dan kondisi keamanan ini tetap dijaga,” kuncinya.
(AHA/ERM)

Most Popular

To Top