Warga Kecewa Janji Bagi Hasil Tak Ditepati – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Warga Kecewa Janji Bagi Hasil Tak Ditepati

MASOHI, AE—Warga Latea, Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah mengaku kecewa dengan janji PT Nusa Ina, bahkan mempertanyakan menajemen perusahan tersebut. Pasalnya sudah lima tahun berjalan, warga belum juga menikmati hasil dari lahan mereka yang digunakan perusahaan tersebut untuk menanam kelapa sawit.

Menurut warga, luas lahan milik warga yang digunakan untuk penanaman kelapa  sawit seluas 3000 hektar. Jumlah tersebut terdiri dari lahan milik negeri dan milik orang per orang.

Lahan milik warga digunakan dengan perjanjian bagi hasil, yakni 70 persen untuk pihak perusahan dan 30 persen untuk pemilik lahan. “Saat sosialisasi, mereka janji untuk bagi hasil. Namun sudah lima tahun tidak ada realisasi,” aku salah satu warga Latea, Bob Wollu, kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Diungkapkan, penyerahan lahan tersebut dibuktikan dengan akta notaries. Namun ironisnya sampai dengan hari ini warga yang menyerahkan lahannya untuk perkebunan kelapa sawit belum mengantongi akta dimaksud berikut isi perjanjian.

Dia mengaku, hal tersebut sebagai kelemahan warga. “Kami benar-benar merasa dirugikan, baik dari segi bagi hasil maupun untuk memperoleh akta notaris,” kesalnya Wollu.

Lahan milik pemerintah negeri maupun orang per orang, 1000 Ha terletak di bagian timur sungai Yala, sedangkan 2000 Ha lainnya terletak di bagian barat kali Yala.

“Setiap kali panen pihak perusahan kerap beralasan sedang uji atau gagal panen, dan mereka janji bagi hasil nanti pada medio Oktober 2015, kita tunggu jika memang tidak ditepai kami berhak menarik lahan kami,” tuturnya.

Pengelola PT Nusa Ina hingga saat ini belum berhasil dikonfirmasi. Sementara, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan(Dishut) Kabupaten Maluku Tengah, Latif Ohorella mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan terkait akta notaries. “Itu menjadi hak antara pihak perusahan dengan warga,” singkatnya terpisah.(ANC)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!