Komisi B Agendakan Panggil PT Nusa Ina – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Komisi B Agendakan Panggil PT Nusa Ina

MASOHI, AE—Komisi B DPRD Maluku Tengah segera mengagendakan rapat internal untuk membahas persoalan bagi hasil kelapa sawit antara PT Nusa Ina dengan pemilik lahan, yakni warga Latea, Kecamatan Seram Utara Barat.

Anggota komisi B yang juga ketua fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), Ruslan Hurasan mengatakan, telah mengagendakan rapat internal, selanjutnya memanggil PT Nusa Ina dan Pemerintah Negeri Latea serta pemilik lahan perorangan.

“Iya, kita sudah agendakan rapat meminta kejelasan bagi hasil berikut kebijakan lainnya dari perusahan kepada masyarakat,” jelasnya kepada Ambon Ekspres.

Penjelasan pihak-pihak terkait, kata Hurasan, untuk memastikan transparansi sistim bagi hasil dari lahan yang digunakan perusahan kepada masyarakat, sehingga masyarakat berhak mendapatkan hak-haknya, demikian pula sebaliknya mengenai kewajiban mereka.

“Kita lihat perjanjian atau akta notaries, karena disitu tertera tentang hak dan kewajiban,” imbuhnya, kepada Ambon Ekspres, Senin (27/7).

Lanjutnya, persoalan tersebut jangan dibiarkan berlarut-larut karena berpotensi menimbulkan konflik antara warga dengan perusahan yang bermuara pada terganggunya invenstasi di wilayah setempat dan di Kabupaten Malteng.

“Pengalaman konflik warga dengan perusahan di daerah-daerah lain akibat miskomunikasi. olehnya itu, hal ini secepatnya bisa diselesaikan,” saran dia. (ANC)

Most Popular

To Top