Pemkab SBB Akan Mekarkan Dusun Jadi Desa Administratif – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pemkab SBB Akan Mekarkan Dusun Jadi Desa Administratif

PIRU, AE.—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB) tahun ini akan memekarkan dusun-dusun menjadi Desa Administratif. Hal ini sebagai salah satu jalan untuk pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap kepada seluruh desa induk, agar senantiasa legowo dan harus iklas untuk melepaskan dusun. Tidak diperhatikannya dusun oleh desa induk merupakan satu penyebab tercetusnya ide peningkatan status dusun ke Desa Administratif,” ungkap Bupati SBB, Jacobus Puttileihalat kepada Ambon Ekspres di Piru, Senin (27/7).

Dikatakan, tahun ini akan dilakukan pemekarkan sejumlah dusun yang telah memenuhi syarat adminitrasi. ‘’Birokrasi publik berkewajiban dan bertanggungjawab untuk memberikan layanan publik yang baik dan professional.

Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah pada masyarakat ini tentu harus memperhatikan dinamika perkembangan masyarakat, terlebih di era globalisasi di mana informasi semakin cerdas dan kritis terhadap segala perubahan yang terjadi,’’ ungkap dia.

Dirinya menambahkan, pemekaran dusun menjadi desa administratif memiliki dampak positif menuju pada pemekaran kecamatan dan juga pembentukan kabupaten baru.

Olehnya itu, pemerintah akan memekarkan dusun-dusun menjadi desa administratif sehingga merekapun memiliki hak yang sama dengan desa induk. Namun desa adminitratif hanya memilik hak sebatas adminitrasi,” cetusnya.(CR1)

Most Popular

To Top