Tolak Pemindahan Kantor Dinsos ke Passo – Ambon Ekspres
Amboina

Tolak Pemindahan Kantor Dinsos ke Passo

AMBON, AE.—Rencana pemindahan Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon ke Desa Passo Kecamatan Baguala Ambon oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Hal ini karena Dinsos Kota Ambon yang rentan terhadap persoalan sosial lebih fokus melayani masyarakat.

Kantor itu disarankan agar tetap berada di pusat Kota Ambon. Demikian disampaikan anggota Fraksi PPP DPRD Ambon Taha Abubakar, ketika menghubungi Ambon Ekspres, Senin (27/7).

Dikatakan, ada rencana pemindahan kantor Dinsos Kota Ambon ke Desa Passo. Fraksi PPP menolak dan meminta kepada Pemkot Ambon untuk mempertimbangkan kembali rencana pemindahan tersebut. Pasalnya, kata dia, dinsos selama ini rentan dengan persoalan sosial dan banyak melayani masyarakat lanjut usia, bahkan cacat fisik.

‘’Lokasi baru ini dianggap terlalu jauh dan akan sulit dijangkau masyarakat. Maka sebaiknya tetap berada di pusat Kota Ambon,” tandas Taha.

Anggota Komisi II DPRD Ambon ini menilai, jika alasan pemindahan Kantor Dinsos Ambon yang saat ini berada di Gedung D Lantai 1 Balai Kota Ambon ini karena kapasitas kantor yang sudah tidak memadai maka sebaiknya dipertimbangkan kembali untuk dinas lainnya yang dipindahkan.

“Kalaupun ada perencanaan pemindahan kantor dinas dilingkup Pemkot Ambon, kenapa bukan dinas lain yang dipindahkan. Kenapa harus Dinsos Ambon ? Ini nantinya akan mempersulit warga jika ada pengurusan secara mendadak,” ucap dia.

Menurutnya, fungsi pelayanan Dinsos Kota Ambon kepada masyarakat yang harus diperhatikan pemerintah. Karena akan mempersulit warga yang berada di Kecamatan Nusaniwe dan juga Leitisel.

Dan jika pemerintah memiliki alasan yang tepat untuk pemindahan, maka sebaiknya dipindahkan ke kantor yang lama di Tanah Tinggi Kecamatan Sirimau Ambon.

“Kenapa tidak dipindahkan ke kantor yang lama, agar Satpol PP kembali ke Pemkot Ambon. Jika pemindahan tetap dilakukan maka akan mempersulit warga yang berada di Nusaniwe dan Leitisel. Dan kami berharap, pemerintah tetap mempertimbangkan rencana pemindahan kantor dinsos ke Passo,” pintanya.

Terpisah, Sekretaris Komisi I DPRD Ambon Mourist Tamaela menambahkan, wacana pemindahan kantor dinas sosial tepatnya ke sekitar Pasar Transit Passo ini, perlu pengkajian terlebih dan serta beberapa pertimbangan sebelum dipindahkan.

Karena jika dipindahkan maka mobilisasi masyarakat untuk melakukan pengurusan akan sedikit kesulitan dengan akses dan lainnya.

“Kita tentu harus mengetahui  dulu alasan pemindahan kantor itu seperti apa. Karena fasilitas kantor yang tidak memadai maka harus ada dasar dan jika ingin dipindahkan harus ada semacam cabang atau pusat pelayanan cabang yang bisa mengangkses sehingga tidak membuat pemikiran yang lain bagi masyarakat.Karena masyarakat kembali dipersulit dengan mengeluarkan anggaran transportasi yang berlipat,” jelasnya. (ISL)

Most Popular

To Top