Fosil Dinosaurus Triceratop Dijual Rp 23 Miliar – Ambon Ekspres
Coffe Break

Fosil Dinosaurus Triceratop Dijual Rp 23 Miliar

Tengkorak Triceratop kini tengah dipajang di Hongkong untuk dijual. Fosil dengan nama The Dragon King (Long Wong) terdiri dari 95 persen tulang yang lengkap. Dengan panjang 2,8 meter, tinggi 1,6 meter dan lebar 1,4 meter, tengkorak ini menjadi yang paling besar dan lengkap dari jenisnya.

Tengkorak Triceratop ini diperkirakan hidup di 65 juta tahun yang lalu atau disebut dengan era Cretaceous. Melihat sejarah dan kualitasnya, peminat fosil tersebut rela mengeluarkan biaya sebesar USD 1,8 juta atau senilai Rp 23,3 miliar untuk dimiliki. Fosil dengan skala seperti itu sangatlah jarang dijual pribadi, apalagi untuk kawasan Asia.

Tengkorak Triceratop ini tidak digali hingga tahun 2003 oleh para pemburu fosil yang sejatinya telah ditemukan sejak 1992 di Montana.

Meski tengkorak ini dimiliki dan didokumentasikan secara sah untuk dibawa ke Hongkong sesuai dengan peraturan, ahli lokal masih tetap tidak percaya tengkorak itu harus dijual dan dikurung dalam koleksi pribadi dari beberapa sosialita Hong Kong.

Dr Michael Pittman, seorang asisten peneliti profesor di University of Hongkong mengatakan, “Fosil komersial yang dijual akan disimpan dalam koleksi pribadi sehingga tidak dapat dipelajari oleh ahli paleontologi karena mereka hanya dapat mempublikasikan penelitian tentang fosil yang disimpan di museum atau lembaga sejenis.” (IST)

Most Popular

To Top