Kerajinan Besi Putih Makin Diminati – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Kerajinan Besi Putih Makin Diminati

BAGI banyak orang, Kota Ambon identik dengan dua hal, musik dan pantai. Namun tidak lengkap berwisata ke kota ini sebelum menikmati makanan lokal dan membeli oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Salah satu kerajinan khas daerah ini, yakni kerajinan tangan besi putih atau bentuk kerajinan lain seperti mutiara air tawar dan laut.

Pantauan Ambon Ekspres, pemasaran kerajinan besi putih ini banyak ditemukan pada sejumlah gerai toko di Kota Ambon dan beberapa tempat wisata lainnya.

“Saat ini kerajinan besi putih semakin diminati, karena pengaruh dari demam batu yang sampai saat ini masih digemari masyarakat Kota Ambon. Sehingga besi putih menjadi incaran untuk dijadikan gagang cincin,”ujar Uni salah satu karyawan penjualan besi putih khas Maluku, di Jalan Said Perintah, Kota Ambon.

Dikatakan, kerajinan besi putih khas Maluku dengan produk aksesoris seperti anting-anting, kalung, gelang dan cincin memiliki keunggulan dibandingkan dengan kerajinan logam lainnya.

“Bahkan saat ini kerajinan besi putih dipadukan dengan mutiara air tawar atau laut. Sehingga membuat kerajinan ini semkain lebih menarik,”jelasnya.

Diakuinya, omzet penjualan besi putih saat ini meningkat karena banyak wisatawan yang datang mengikuti event nasional di Ambon, sehingga kerajinan khas daerah ini menjadi incaran para wisatawan.

“Memang sehari tidak menentu keuntungannya. Namun omzet saat ini lumayan besar dibandingkan dengan tahun lalu,”ujarnya.

Untuk  besi putih dan mutiara yang dijual, harganya mulai berkisar dari Rp100.000 hingga jutaan rupiah sesuai bentuk, motif, serta ukurannya. (IWU)

Most Popular

To Top