Copot Kakak, Bupati SBB Lantik Adik – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Copot Kakak, Bupati SBB Lantik Adik

AMBON, AE.—Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Jacobus Puttileihalat berulah. Dia mendepak kakak kandungnya sendiri,  Dorkas B Puttileihalat dari kursi Kepala Dinas Pendidikan SBB tanpa alasan yang jelas. Ironisnya, jabatan itu pun diisi oleh Franciane Puttileihalat yang juga adik kandung Bupati SBB. Informasinya, pergantian ini akibat tarik ulur kepentingan proyek.

Informasi yang diterima Ambon Ekspres, Franciane dilantik Selasa (28/7) oleh Asisten III Setda SBB berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati SBB. Dia dilantik saat Dorkas sedang mengikuti suatu kegiatan di Kementerian Pendidikan RI di Jakarta.

Dorkas diganti secara tiba-tiba saat dia sedang dalam suatu kegiatan, karena tidak mengindahkan permintaan Franciane Puttileihalat yang juga Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan SBB.Franciane atau biasa disapa Syane diduga merupakan pemain proyek di sana.

Dia kerap memonopoli proyek-proyek jumbo. Tidak hanya di Dinas Pendidikan, tapi juga proyek di dinas lainnya. Para kepala dinas juga diduga lebih banyak hanya bisa mengangguk, mengikuti permainan Frenciane.

Diduga Syane meminta kakaknya Dorkas untuk menyerahkan proyek tersebut kepadanya, namun ditolak dengan alasan, harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Proyek harus dilelang di Layanan Pengadaaan Secara Eletronik (LPSE) Ambon, mengingat kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa itu belum memliki LPSE.

Tak sampai disitu, Satuan Polisi Pamong Praja juga diperintahkan untuk mengambil semua dokumen proyek tersebut dari tangan Dorkas.

Namun Dorkas dia tidak rela proyek itu dikerjakan tanpa melalui prosedur yang berlaku.  Alhasil, Dorkas didepak dari kursi kepala dinas. Ini diduga karena dibekengi oleh bupati setempat.

Saat dikonfirmasi, Dorkas membenarkan pelantikan itu. Dia mengaku sedang mengikuti suatu kegiatan di Jakarta. Sementara terkait pencopotan dirinya dari jabatan kepala dinas pendidikan, dia tidak membantahnya.

Telah ada informasi yang diterimannya tentang pelantikan Franciane sebagai Kepala Dinas Pendidikan SBB. Namun dia enggan berkomengar banyak.

“Iya saya sudah dengar. Saya sudah diganti.  Saya belum tahu kenapa saya diganti. Tanya saja ke bupati,” singkatnya via seluler, kemarin. Sejumlah pejabat dilingkup Pemkab SBB yang dihubungi untuk dikonfirmasi namun tidak berhasil dimintai penjelasan. (MAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!