Matahari Dukung Implementansi Pembayaran Non Tunai – Ambon Ekspres
Amboina

Matahari Dukung Implementansi Pembayaran Non Tunai

AMBON, AE.—PT. Matahari Department Store Ambon Plaza turut mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan alat pembayaran non tunai dalam keperluan sehari-hari.

“Memang, sistem Non Tunai umumnya dilakukan oleh kelompok masyarakat menengah ke atas.

Namun demikian, pembayaran Non Tunai sekarang ini menjadi pilihan yang terbaik dan solusi praktis dalam pembayaran disegala aktifitas kehidupan yang serba digital sekarang ini,”kata Manager PT. Matahari Department Store Ambon Plaza, Paulus Birana, kepada Ambon Ekspres, belum lama ini.

Dia juga menyatakan implementasi sistem pembayaran Non-Tunai pada dasarnya lebih mengarah pada bagaimana merubah budaya dan perilaku masyarakat.

“Yang dulunya terbiasa dengan uang tunai menjadi masyarakat yang lebih menggunakan instrumen Non Tunai dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya,” katanya.

Paulus juga menambahkan, sampai saat ini sebagian besar masyarakat Kota Ambon  masih menggunakan sistem transaksi tunai.

“Oleh sebab itu, untuk berubah masyarakat tentunya perlu diedukasi dan diberikan pengetahuan akan manfaat dan kelebihan sistem ini. Selanjutnya dibuat tertarik dan digerakkan sehingga akhirnya mau mengimplementasikan dalam kehidupannya,”tuturnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan jika transaksi Non Tunai ini terus diberikan pemahaman mengenai manfaatnya kepada masyarakat, maka masyarakat akan  semakin banyak menggunakan sistem tersebut.

“Matahari sejak hadir di Ambon, telah menyediakan mesin untuk melayani masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran atau pembelajaan secara Non Tunai dengan mengunakan ATM pada mesin Electronic Data Capture (EDC),”jelasnya.

Menurutnya, transaksi pembayaran Non Tunai memang masih rendah. Padahal, potensi bagi perluasan akses sistem pembayaran Non Tunai masih sangat besar.

Sementara tren gaya hidup yang ada memang terus mengarah dan menuntut tersedianya layanan sistem pebayaran Non Tunai yang tidak saja mudah, tetapi juga harus aman, efisien dan menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen serta handal.

“Intinya, Matahari bukan hanya ada dalam hal memenuhi kebutuhan masyarakat akan dunia fashion, melainkan turut mendukung pemerintah untuk menjadi daerah ini lebih maju. Salah satu dengan program Non Tunai tersebut,”tuturnya. (IWU)

Most Popular

To Top