Pemkot Rencana Bangun Sanitasi Komunal di Halong – Ambon Ekspres
Amboina

Pemkot Rencana Bangun Sanitasi Komunal di Halong

Sukses menjadikan Desa Nania, Kecamatan Baguala, sebagai lokasi pencontohan pembangunan sanitasi melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal beberapa waklu lalu, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana membangun sanitasi komunal pada lokasi pengungsi korban keretakan tanah yang berada di Negeri Halong, Kecamatan Baguala.

“Kita sementara mempersiapkan lokasi pembangunan IPAl komunal di lokasi pengungsi Batu Gajah di Negeri Halong, sebagaimana yang telah dibuat di Desa Nania,” ungkap Kepala Dinas Tata Kota Ambon, Deny Lilipory.

Menurut Lilipory, pembangunan sanitasi komunal tersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem limbah rumah tangga yang baik, agar dapat menghasilkan pola hidup bersih di kalangan masyarakat Kota Ambon.

Selain itu, banyak keuntungan yang diperoleh dengan pembangunan sanitasi komunal, karena sanitasi tidak hanya hanya terkait dengan masalah kesehatan tetapi sangat besar pengaruhnya terhadap perekonomian suatu daerah.

Untuk itu, katanya, Pemkot Ambon telah menetapkan lima lokasi yang akan dibangun IPAL komunal, diantaranya, lokasi pengungsi Batu Gajah (Negeri Halong), Kapaha (Kelurahan Pandan Kasturi), Air Besar Passo, Batu Merah dan lokasi Pengungsi Batu Merah di Kayu Tiga.

Masing-masing lokasi, lanjutnya, rencananya akan dibangun sekitar 300 saluran sanitasi bagi masyarakat. “Kita akan bangun kurang lebih 300 saluran sanitasi di Halong, Kapaha, Batu Merah, Passo Air Besar dan Kayu Tiga,” terangnya.

Pembangunan IPAL Komunal tersebut, akuinya, akan menggunakan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Sehingga seluruh proses pembangunan akan diperhatikan dengan baik agar tidak menimbulkan masalah lingkungan di tengah masyarakat.

“Pembangunan sanitasi akan mengurangi pencemaran lingkungan sehingga, lingkungan masyarakat akan lebih bersih dan sehat dari berbagai macam penyakit. Jadi pembangunan akan diperhatikan dengan baik,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top