Hari Ini, KPK Kunjungi SMPN 2 Ambon – Ambon Ekspres
GMGM

Hari Ini, KPK Kunjungi SMPN 2 Ambon

Untuk melihat secara dekat pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekoah (BOS) yang diberikan Pemerintah Pusat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan di SMP Negeri 2 Ambon.

Sekolah SMPN 2 Ambon La Siteni, kepada Ambon Ekspres, di ruang kerjanya, pekan lalu menjelaskan, kunjungan KPK merupakan hasil kerjasama bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) bersama Pemkot Ambon.

Selain SMPN 2 Ambon, ada dua sekolah lainnya yang dijadikan sebagai tempat kunjungan KPK diantaranya, SMPN 12 Ambon dan SMP Kristen YPKPM Ambon.

“Ketiga sekolah ini akan diuji secara langsung oleh KPK tentang pengelolaan dana BOS yang diterima sekolah apakah pemanfaatan maksimal atau tidak. Hal ini akan diuji dan akan ditetapkan sebagai sekolah terbaik pengelolaan dana BOS,’’ terangnya.

Dia mengatakan, kunjungan KPK untuk mendorong para Kepsek yang ada di Kota Ambon, untuk secara transparan dalam pengelolaan dana BOS, karena sampai saat ini ada sekolah-sekolah yang tidak mengelola dana BOS secara baik. “Kita pastikan pengeloaan dana bos pada SMPN 2 Ambon yang dirasakan terbaik,’’ katanya.

Dia menjelaskan, tiga sekolah yang diuji KPK akan diberikan Penilaian Maluku ke Pusat. Karena itu sebagai sekolah yang dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon maupun Pemerintah Provinsi Maluku (pemprov) Maluku, pihaknya menanti kesiapan untuk kedatangan KPK.

“Persiapan yang telah kami lakukan diantaranya data-data perencanaan, pengeloaan, dampak dana BOS. Begitupun keseluruhan bukti, dari dokumentasi atau kwitansi, karena sekolah telah melaksanakan BOS secara online,’’ ungkapnya. (PRO2)

Most Popular

To Top