Kota Ambon Jadi Lokasi Penanaman Sejuta Terumbu Karang – Ambon Ekspres
Amboina

Kota Ambon Jadi Lokasi Penanaman Sejuta Terumbu Karang

Dari 34 Provinsi di Indonesia, Kota Ambon terpilih sebagai salah satu lokasi penanaman sejuta terumbu karang oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo pada 16 Agustus 2015 mendatang. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Balai Kota Ambon, pekan lalu.

ia mengatakan, ada 3 kota di Indoneia yang dipilih menjadi lokasi penanaman seribu terumbu karang, diantaranya, Sabang mewakili Indonesia Barat, Manado mewakili Indonesia Tengah dan Kota Ambon mewakili Indonesia Timur.

Menurut Louhenapessy, Kota Ambon terpili sebagai salah satu lokasi penanaman sejuta terumbu karena kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, di Kota Ambon saat pencanangan Mangente Ambon sekaligus pembukaan APEKSI Wali Kota Se-Indonesia.

“Pada kedatangan Presiden beberapa waktu lalu, beliau tertarik dengan keindahan Teluk Ambon. Itulah mengapa Kota Ambon dipilih sebagai salah satu lokasi penanaman sejuta terumbu karang pada HUT RI mendatang mewakili Indonesia Timur,” ungkapnya.

Lanjutnya, penanaman sejuta terumbu karang di Kota Ambon akan dilakukan di wilayah Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe, dihadiri Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Perhubungan, Muspida Provinsi Maluku dan Kota Ambon. acara akan disiarkan secara live oleh salah satu stasiun TV swasta nasional di Indonesia.

“Proses penanaman ini akan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Perhubungan, Muspida Provinsi Maluku dan Kota Ambon, yang akan melakukan proses penanaman dengan cara melakukan penyelaman bersama-sama di lokasi Teluk Ambon bersama sekitar 200 penyelam TNI Angkatan Laut,” terangnya.

Pada proses penanaman, katanya, akan ada teleconference yang dilakukan Presiden RI dengan Gubernur Maluku dan Wali Kota Ambon.

“Bisa dibayangkan Presiden RI di Istana Negara melakukan telekomfrence langsung dengan kita di dasar laut. Ini akan aneh, tapi kita tanam terumbu karang dan hal ini akan berdampak kepada Teluk Ambon maupun biota laut yang ada,” paparnya.

Selain melakukan penanaman terumbu karang pada 16 Agusutus, katanya, acara akan dilanjutkan dengan upacara pengibaran pendera merah putih di Teluk Ambon yang dilakukan oleh 200 penyelam TNI Angkatan Laut pada perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus.

“Ini akan menjadi salah satu agenda wisata kita. Karena aka nada upacara pengibaran bendera di dasar laut serta parade perahu hias oleh nelayan. Acara ini akan sangat menarik,” tuturnya.

Semua kegiatan tersebut, katanya, sangat positif bagi proses pencitraan Kota Ambon yang semakin aman dan nyaman untuk dikunjungi. “Ini menandakan adanya sebuah kepercayaan dan keyakinan pemerintah pusat maupun masyarakat nasional kalau Kota Ambon semakin kondusif.

Sehingga masyarakat hanya perlu terus menjaga kondisi keamanan ini  agar semakin kondusif dan nyaman,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top