Polres MTB Fokus Amankan Pilkada MBD – Ambon Ekspres
Politik

Polres MTB Fokus Amankan Pilkada MBD

AMBON,AE— Aparat kepolisian Resort dari Maluku Tenggara Barat (MTB), siap mengamnkan pilkada di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)yang berlangsung Desember mendatang. Pengamanan ini akan dilakukan secara Maksimal di kabupaten perbatasan tersebut, dengan melibatkan 252 personil.

apolres MTB AKBP Richard Tatuh, menjelaskan pengamankan yang akan dilakukan dikabupaten MBD itu, dengan melibatkan seluruh kekuatan yang dimilikinya.

“Kabupaten MBD, yang nantinya akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Desember nanti, menjadi perhatian serius dari kami (Polres MTB red), karena kabupaten MBD merupakan wilayah hukum kami,”kata Kapolres kepada Koran ini Minggu (2/7) kemarin.

Menurutnya, dengan jumlah personil yang jauh dari kesempurnaan itu, Pilkada MBD, dijamin akan berlangsung aman dan tentram. “Seluruh kekuatan yang kami miliki,  akan terjunkan ke MBD.

Focus kami saat ini memang untuk pengamanan pilkada disana (MBD red),”jelasnya, sambil menambahkan, meski fokus ke kabupaten MBD, namun pihaknya juga tetap mengamankan Kabupaten MTB.

Selain 252 personil yang dimiliki saat ini, lanjut pria dengan dua melati dipundaknya itu, akan di bantu oleh puluhan personil BKO Polri dari Polda Maluku.

“Rencana kami akan dibantu pengamanan dari polda dengan personil antara Brimob atau Sabhara itu sekitar 60 orang,” paparnya.

Soal keterlibatan TNI sendiri, dalam membantu pihaknya untuk mengamankan pilkada tersebut, Tatuh mengaku hal itu akan dikoordinasikan dengan pihak TNI.

“Yang pastinya memang ada. Namun saat ini belum secara langsung karena itu merupakan koordinasi tingkat pimpinan. Kita disini (MTB red), juga sementara berkoordinasi dengan pihak Kodim karena MBD itu merupakan wilayah territorial dari Kodim 1507 juga,”terangnya.

Terkait independensi Polri, di kabupaten MBD yang merupakan wilayah perbatasan RI dan Republik Timur Leste maupun Autralia itu, Kapolres menegaskan pihaknya menjamin hal tersebut.

“Kita pasti indepeden, polri tidak punya kepentingan apapun dalam pilkada ini, kecuali untuk keamanan. Untuk anggota yang kemarin terduga itu sementara masih proses,”tegasnya.

Kendati demikian, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat MBD untuk tetap menjaga situasi dan kondisi keamanan yang ada di Kabupaten tersebut.“Jangan mudah terprofokasi dengan isi maupun informasi yang mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban yang ada.

Mari kita kawal proses demokrasi yang ada di kabupaten ini, sehingga melahirkan pemimpin yang akan membawa perubahan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat yang ada,” kuncinya. (AHA)

Most Popular

To Top