Besok Ribuan Orang Hadiri Puncak GMGM – Ambon Ekspres
Trending

Besok Ribuan Orang Hadiri Puncak GMGM

Ambon, AE— Besok puncak Gerakan Maluku Gemar Membaca atau GMGM akan dilaksanakan. Ribuan orang dipastikan akan hadir dalam acara ini yang dibarengi dengan jalan santai melibatkan anak sekolah, pegawai negeri sipil, warga biasa, sampai pejabat pemerintahan.

Direncanakan hadir dalam puncak GMGM ini, adalah Gubernur Maluku, Said Assagaff, Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, dan sejumlah bupati di Maluku. Puncak acara akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Ambon.

Direktur Utama Ambon Ekspres, Mahfud Waliulu berharap, acara ini sukses, dan menjadi sejarah baru di Maluku. “Kita ingin ini bukan menjadi akhir dari kegiatan ini. Tapi menjadi awal dari proses panjang Ambon Ekspres bekerjasama dengan pemerintah dalam mencerdaskan anak-anak Maluku lewat budaya membaca dan menulis,” kata dia.

GMGM, kata dia, akan menjadi program stimulan bagi sekolah-sekolah, bukan hanya di Ambon, tapi Maluku, bahkan Indonesia untuk terus menanamkan budaya membaca di kalangan siswa. “GMGM sudah membumi di Indonesia. Dan kita berharap budaya membaca dan menulis bukan sebatas di sekolah, tapi di desa-desa, di pelosok-pelosok, budaya ini akan terus dikembangkan,” tandas Waliulu.

Dia juga berterima kasih kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten kota, termasuk Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, yang ikut mendukung program GMGM ini. “Saya berterima kasih juga kepada sekolah-sekolah yang juga sangat bersemangat menyukseskan program GMGM. Yang kami lakukan, hanya untuk peningkatan kualitas pengetahuan generasi Maluku,” kata dia.

Ketua panitia GMGM tahun ini, Petrus Oratmangun mengatakan, semua persiapan untuk acara puncak sudah siap. Acara puncak ini juga digelar bersamaan dengan program Pemerintah Kota Ambon Jumpa Berlian. “Kita akan bikin program ini menjadi kesan terbaik dan terlupakan bagi masyarakat Kota Ambon, dan Maluku umumnya,” pungkas dia.

Gamal Mukadar, dari event organizer yang mendesain kegiatan puncak GMGM, mengaku persiapan telah mencapai 90 persen.  Dia mengaku fasilitas pendukung acara telah siap, tersisa desain panggung kegiatan. Seluruh pengisi acara siap menyukseskan acara tersebut. “Tinggal mendirikan stand, dan semua pendukung acara telah siap, pemantapan akhir besok (hari ini-red) sekaligus direncanakan gladi resik seluruh peserta pengisi acara,” akuinya.

pada puncak GMGM nantinya, kata Gamal, sesuai rundown kegiatan panitia, telah didesain empat kegiatan yaitu pencanangan puncak program GMGM, pencanangan sertifikasi, jalan santai dan pembagian pemenang penulisan cerita rakyat.

Acara yang disiapkan EO sendiri, adalah coastplay atau baju-baju film komik seperti naruto dan dragon ball. “Selama ini kan orang membaca media-media komik, pada kesempatan ini kita akan menampilkan baju kostum seperti Naruto, Dragon Ball dan pemeran komik lainya,” sebutnya.

Pria yang menjabat produser kegiatan itu menambahkan, pameran buku, pameran edukasi juga akan ditampilkan oleh beberapa instansi yang turut mendukung perayaan puncak GMGM.

Disinggung soal adanya partisipasi artis di puncak kegiatan GMGM,  dia mengakui EO telah mengonfirmasi kedatangan artis yang bergelut di dunia Olahraga, Nova Eliza. “Kita telah mengonfirmasi kepastian kedatangan Artis Nova Eliza. Dia (Nova-red) seorang yang aktif dunia olahraga terutama oleharaga senam. Jadi beliau akan membawa salah satu instrukturnya yang akan mengisi agenda senam bersama di Lapangan Merdeka Ambon nantinya,” tutupnya. (SAT)

Most Popular

To Top