Acara Biasa-biasa Saja Tapi Sarat Makna – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Acara Biasa-biasa Saja Tapi Sarat Makna

Pembukaan lomba hafalan Al Quran untuk tingkat pelajar di Kabupaten Buru dalam rangka memeriahkan perayaan HUT RI yang ke-70, Kamis kemarin telah dilakukan Bupati Buru Ramly Umasugi. Acara pembukaan tidak semeriah kegiatan lain tetapi tetap berlangsung penuh antusias dari peserta.

Bupati Buru Ramly Umasugi dalam sambutannya mengaku, walau kegiatan lomba hafalan Al Quran ini terlihat sederhana, namun sarat makna. Dari kegiatan ini diharapkan akan lahir generasi Bupolo yang berakhlak baik sesuai tuntunan agama.

Karena yang ikut serta dalam lomba ini adalah para pelajar yang kedepannya akan menjadi generasi penerus pembangunan di bumi Bupolo. Karena itu karakter dan akhlak mereka sudah harus dibina dari sekarang.

Bupati memuji keberanian para peserta yang berjumlah sekira 50 anak dan berasal dari berbagai sekolah di Namlea tampil menunjukkan kualitas mereka dalam hafalan Al Quran 1 juz khususnya juz Amma. “Sikap percaya diri dan keberanian anak-anak ini yang patut diacungi jempol dan mendapat apresiasi besar,” ujar Bupati.

Kegiatan lomba seperti ini, tandas Bupati, merupakan kegiatan yang sangat positif. Kendati suasananya biasa-biasa saja, namun makna dan manfaat dari lomba ini sangat besar.

“Acara biasa-bisa saja tapi penuh makna dan manfaat. Anak-anak akan melatih karakter mereka sejak dini untuk bisa menjadi manusia yang berakhlakul kharimah,” ujarnya saat itu.

Lebih lanjut Bupati katakan, dengan mengikuti lomba ini, anak-anak juga akan mengukur sendiri kemampuan mereka dalam mengaji.

Sebagai bentuk apresiasinya atas kegiatan tersebut, Bupati menjanjikan hadiah menarik bagi pemenang lomba tersebut.

Sementara itu, di lokasi kegiatan lomba hingga sore kemarin, masih berlangsung. Sebelumnya peserta yang terdiri atas 19 putra dan 31 putri yang berasal dari 13 TPQ dan 3 SD/MI sudah ditentukan nomor tampilan mereka sesuai hasil undian.

Peserta yang tampil saat itu tidak lantas diminta menghafal semua ayat dalam Juz Amma, namun para juri yang menantang tiap peserta menyambung bacaan para juri dengan surah yang berbeda-beda. Masing-masing peserta diberi tantangan menghafal sebanyak 3 sampai 4 surah yang ada dalam Juz Amma secara acak.

Kegiatan lomba menghafal ini akan berlangsung selama dua hari. Usai kegiatan menghafal, akan dilanjutkan dengan tabliq akbar yang juga akan dilaksanakan ditempat yang sama yakni Pantai Merah Putih Namlea. (CR8)

Most Popular

To Top