Maluku Jadi Laboraturium Soliditas TNI/Polri – Ambon Ekspres
Amboina

Maluku Jadi Laboraturium Soliditas TNI/Polri

AMBON, AE.—Wakapolda Maluku, Kombes Polisi Musa Ginting mengatakan, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat yang ada di Maluku selama ini sudah berjalan cukup baik, sehingga perlu untuk dijaga dan dipertahankan.

Menurut dia, kerjasama yang baik dari seluruh elemen masyarakat, untuk menjaga situasi dan kondusi keamanan yang ada di Maluku, membuat provinsi ini telah dijadikan sebagai laboraturium perdamaian nasional oleh para tokoh agama se Indonesia.

“Didaerah lain itu sulit kita temukan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait terlebih TNI/Polri. Namun kita di Maluku sangat berbeda. Hal inilah yang membuat Maluku sudah di jadikan sebagai laboraturium perdamaian,” kata dia, kepada wartawan, Selasa (11/8).

Dikatakan, kerjasama itu membuat kondisi keamanan kian kondusif. Ini juga diakibatkan adanya peran dari aparat keamanan TNI/Polri, yang selalu solid dalam melaksanakan tugas negara tersebut. “Memang keamanan itu bukan saja tanggungjawab dari aparat keamanan terlebih TNI/Polri. Melainkan person serta dari seluruh masyarakat.

Tetapi dengan kosolidan dan kerjasama serta kolaborasi antara TNI/Polri dalam setiapn pelaksanaan tugas, ini yang membuat Maluku juga mendaopatkan nilai tambah dari petinggi TNI/Polri,” ujarnya.

Solidnya TNI/Polri, kata dia, membuat petinggi TNI/Polri di Maluku berkeinginan besar menjadikan Maluku sebagai laboratorium soliditas TNI/Polri. “Soliditas TNI/Polri ini patut kita jaga dan seperti pada saat kunjungan pak kapolri dan panglima TNI kala itu di jabat Jenderal TNI (Pur) Moeldoko dan Jenderal Polisi (Pur) Sutarman, memuji solidaritan TNI/Polri yang ada.

Dan itu yang akan tingkatkan oleh pimpinan TNI/Polri di daerah ini, sehingga Maluku akan kita jadikan contoh bagi daerah yang lain. Maluku harus sebagai laboraturium soliditas dan sinergitas antara TNI/Polri,”jelasnya.

Menyambung hal itu, sebelumnya Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Munardo, saat pelaksanaan kegiatan lepas sambut belum lama ini mengatakan, soliditas antara TNI/Polri itu, juga telah dilaporkan oleh Aster Panglima TNI kepada Panglima TNI.

“Kita akan lakukan itu karena pak Aster sudah laporkan ke panglima, sehingga kiranya Maluku segera dijadikan laboraturin soliditas antara TNI/Polri,” kata Munardo.

Sementara itu lanjut Ginting, dirinya bersama kapolda maupun pangdam dan pemerintah daerah, telah memiliki satu visi dan tekad yang kuat untuk menjadikan Maluku yang lebih baik. Terlebih menyukseskan sejumlah kegiatan-kegiatan tingkat nasional di bumi seribu pulau itu.

“Keamanan Maluku itu segalanya. Apalagi Maluku ini tolak ukur Indonesia timur. Maluku akan kita jaga sehingga Maluku ini harus lebih dalam segala aspek. Terutama kondisi keamanan,” terangnya. (AHA)

Most Popular

To Top