Pemkot Rencana Bangun Klinik Jantung – Ambon Ekspres
Metro Manise

Pemkot Rencana Bangun Klinik Jantung

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Setelah membangun klinik mata Ambon  Vlissingen (AV) atas kerja sama dengan Pemerintah Belanda,  kini pemkot berencana bekerja sama dengan Pemerintah Singapura, tepatnya Singapore International Hospital (SIH), untuk membangun klinik jantung.

Pembangunan klinik jantung tersebut, kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, untuk membantu penderita penyakit jantung yang ada di Kota Ambon.

“Kita berencana membuka klinik jantung di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, sama dengan klinik mata AV,” kata Louhenapessy kepada wartawan di lokasi Islamic Center, Kamis (13/8).

Dalam rencana kerja sama tersebut, terangnya, pemkot akan bertanggungjawab terhadap penyediaan bangunan dan sumberdaya manusia (SDM). “Kita berharap, pemkot hanya menyediakan bangunan dan SDM saja, sedangkan SIH yang menyediakan fasilitas pendukung,” ujarnya.

Lanjutnya, kalau rencana pembangunan klinik jantung tersebut dapat berjalan dengan baik, maka mekanisme pelayanan pasien yang diterapkan setiap hari, akan dilakukan oleh tim medis lokal. Sedangkan dua bulan sekali akan ada tim dokter dari Singapura yang akan melakukan operasi atau pelayanan kesehatan pada klinik tersebut.

“Kalau rencana ini bisa berjalan, maka akan sangat luar biasa karena akan ada tim dokter dari Singapura yang datang setiap dua bulan untuk melakukan operasi jantung di Kota Ambon. Ini sama dengan mekanisme pelayanan pada salah satu rumah sakit yang ada di Kota Bandung,” ungkap Louhenapessy.

Untuk itu, Pemkot Ambon terus melakukan koordinasi dengan SIH sebelum kerja sama tersebut dilaksanakan. “Kita terus melakukan penjajakan dengan SIH sebelum kita bangun klinik jantung,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top