Mengemas Teluk Ambon Untuk Tujuan Wisata – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Mengemas Teluk Ambon Untuk Tujuan Wisata

BIRUNYA laut, serta pesona alam dari berbagai pepohonan bakau yang tumbuh di sepanjang pantai Teluk Ambon, memberi arti tersendiri bagi masyarakat setempat.

Seperti yang diketahui, wilayah Kota Ambon sebagian besar berada di kawasan pesisir yang terdiri atas empat wilayah yaitu Teluk Ambon Dalam, Teluk Ambon Luar, Baguala dan Pesisir semenanjung Leitimur.

Dari kawasan-kawasan tersebut, jika dikembangkan dengan baik menjadi potensi wisata Ambon yang umumnya merupakan pantai, dapat dinikmati wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sonny Pongoh, General Manager PT. Garuda Indonesia (persero) Branch Office Ambon mengatakan, Ambon Ibukota Provinsi Maluku merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di bibir pantai. Keelokan dan keindahannya sudah terkenal sejak dahulu.

Salah satunya Teluk Ambon. Dimana Teluk yang terkenal kaya ikan, terumbu karang yang indah, dan mangrove itu menyimpan banyak rahasia-rahasia alam.

“Hanya saja, Teluk Ambon selama ini belum dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas dinikmati pemandangannya oleh wisatawan yang datang berkunjung. Padahal, pesona Teluk ini tampak indah dengan biru dan jernihnya air yang ada di sekitar teluk,”ujarnya.

Sayang keadaan teluk yang penuh dengan sampah-sampah plastik serta limbah dari kapal yang bersandar di beberapa dermaga maupun warga sekitar akan mengurangi keindahan teluk itu.

“Saat ini, harus ada kepedulian dari pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga kelestarian Teluk Ambon. Dibutuhkan juga regulasi agar pola pikir membuang sampah di tempat yang ditentukan dijadikan gaya hidup,”ungkapnya. (IWU)

Most Popular

To Top