Program Afirmasi Masuki Tahap Perkuliahan – Ambon Ekspres
Pendidikan

Program Afirmasi Masuki Tahap Perkuliahan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Saleh Thio, mengatakan, program afirmasi untuk guru yang belum menyandang gelar Strata Satu (S1) sementara ini sudah mulai berproses di Universitas Terbuka (UT) Ambon.

Dan untuk Kota Ambon sendiri, berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama, sudah 600 guru yang siap mengikuti perkuliahan, dan tercatat sebanyak 400 lebih sudah siap pemberkasan.

‘’Itu berarti, mereka dalam waktu dekat akan mengikuti kuliah. Dengan demikian, diharapkan kepada kabupaten/kota lainnya juga untuk dapat secepatnya mempersiapkan semua yang bertalian dengan kebutuhan perkuliahan, sehingga pemberkasan dapat secepatnya selesai,’’ katanya kepada Koran ini, kemarin.

Thio juga meminta agar kepala dinas kabupaten/kota bisa mempersiapkan para gurunya. ‘’Ini merupakan kesempatan emas. Apalagi berdasarakan UU yang telah dikeluarkan pemerintah nantinya pada Desember 2015, jika masih ada guru yang belum S1 berarti guru yang bersangkutan tidak dapat lagi mengajar di kelas lagi.

“Aturan ini tentunya akan sangat merugikan guru itu sendiri, sebab mereka tidak lagi dapat melakukan proses belajar mengajar sebagaimana mestinya sesuai dengan bidang ilmu, yang telah didapatkan dibangku pendidikan contohnya seperti SPG dan lainnya.

Itu berarti, jika sekarang ada kesempatan untuk mengikuti pendidikan gratis, maka kesempatan itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,’’ ajaknya.

Program ini, kata dia, baru pertama kali diberikan Pemerintah Pusat dan Maluku yang mendapatkan kepercayaan, dimana Maluku menjadi model untuk seluruh provinsi di Indonesia.

“Jadi sekali lagi, haruslah dimanfaatkan sebaik-baiknya, supaya apa yang diberikan pemerintah secara sukarela itu tidak berakhir sia-sia, tapi bisa mendatangkan berkat bagi para guru di seluruh Maluku,” tandasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top