Ratusan Siswa Hadiri Perayaan HUT Pramuka – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Ratusan Siswa Hadiri Perayaan HUT Pramuka

Upcara peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-54, Jumat kemarin (14/8) di Kabupaten Buru dipusatkan di Kecamatan Waplau. Upacara dipimpin langsung Bupati Buru Ramly Umasugi dan diikuti ratusan siswa-siswi yang tergabung dalam pramuka sekolah.

Turut hadir juga para pembina Pramuka Kabupaten Buru dan sejumlah kepala SKPD Kabupaten Buru, serta para kepala sekolah se-Kabupaten Buru.
Bupati dalam amanatnya berharap, anggota Pramuka harus memiliki kreatifitas dan inovasi sebagai penerus bangsa, khususnya di Kabupaten Buru.
Bupati juga menjelaskan awal mula datangnya hari pramuka ke tanah air dibawa oleh bangsa Belanda yang waktu itu tengah menjajah bangsa Indonesia. Usai Indonesia merdeka, gerakan pramuka dari tahun ketahun mengalami perubahan dan secara resmi, namun kemudian pemerintah secara resmi menetapkan tahun lahirnya Pramuka pada 1961 silam.
Hal ini diperkuat dengan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 112 tahun 1961, tanggal 5 April 1961. “Kenapa diperingati Hari Pramuka setiap tanggal 14 Agustus, karena gerakan pertama kali didirikan oleh sang Bapak Pandu Pramuka, Robet Lord Baden Powel tersebut mulai pertama kali diperkenalkan di semua penjuru tanah air pada tanggal 14 Agustus. Sampai sekarang, HUT Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya,” terang Bupati.
Peringata Hari Pramuka juga bisa diisi dengan kegiatan kepramukaan yang dilakukan di sekolah masing-masing, misalnya dengan mengadakan acara kemping, api unggun, hiburan dan lain-lain.
Bupati mengatakan, peringatan hari Pramuka yang berselang beberapa hari dengan HUT Proklamasi, maka perayaannya selalu diramaikan dengan berbagai kegiatan. (CR8)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!