Beragam Kuliner di Kota Ambon – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Beragam Kuliner di Kota Ambon

KOTA Ambon atau Ambon Manise sebagai ibukota Maluku di bagian timur Indonesia ini menyimpan banyak tempat yang sangat eksotis dengan beragam pantai pasir putih yang indah.

Jika sudah berada di Kota Ambon, maka tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas tanah Maluku ini yang cukup menggoda.

Daerah yang didominasi laut tentunya memiliki hasil laut yang segar dan melimpa. Tinggal memilih jenis ikan apa yang kita suka. Ikan Bobara, Ikan Lalosi, Garopa (kerapu) dan masih banyak pilihan lainnya. Ikan Lalosi yang banyak terdapat di perairan Ambon dan Ikan Bobara, cukup banyak menjadi pilihan sebagai menu ikan bakar.

Dibakar dengan bumbu sedikit pedas dan disajikan dengan sambal colo-colo, sambal memiliki cita rasa asam yang berasal dari lemon cina. Ada beberapa jenis sambal yang juga disajikan, seperti sambal terasi, sambal mangga dan sambal petis.

Ada juga Cakalang Asar. Ikan Cakalang yang di asar (asap) merupakan makanan populer yang terdapat di Kota Ambon. Ikan Cakalang dengan aroma asap yang khas paling cocok dimakan dengan sambal colo-colo. Berjejer penjual Ikan Cakalang Asar berada di daerah Galala menjualnya berkisar Rp25.000-35.000,-. Kita dapat meminta kepada si penjual untuk mengemas ikan cakalang yang sudah dibeli jika bertujuan sebagai oleh-oleh ke luar kota.

Rasanya tidak lengkap jika tidak ke Pantai Natsepa. Di tempat ini sangat mudah ditemui kuliner yang banyak dijual dan menjadi ciri wisata di Pantai Natsepa. Berjejer di lokasi itu, penjual Rujak Natsepa.

Rujak buah ini sebagai mana rujak biasanya tetapi yang menjadi berbeda adalah gula merah yang memiliki rasa khas dan dibuat menjadi bumbu rujak yang cukup kental serta kacang tanah sangrai dan tidak diulek secara halus.

Mau rasa pedas atau sedang tinggal sebut saja berapa buah cili (cabai) yang diinginkan. Dengan merogoh kocek Rp.10.000,- kita sudah bisa menikmati sepiring rujak yang nikmat. Tidak jarang orang memesan bumbu rujak ini untuk dibawa sampai ke kota-kota lain di Jawa, Sumatera, Sulawesi, bahkan Belanda.

Selain rujak, ada juga makanan ringan lainnya seperti pisang goreng. Pisang dibelah menjadi dua bagian, dicampur dengan adonan tepung dan kemudian digoreng, membuat aroma dan rasanya menjadi nikmat.

Selain makanan, tersedia minuman dingin yang digemari yaitu Es Kelapa. Minuman ini sangat menyegarkan, terlebih saat cuaca sedang panas sambil duduk di tenda dan menikmati keindahan pantai dan bisa memesan es kelapa murni tanpa campuran sirup atau susu.

Sebenarnya ini baru sedikit dari kuliner yang ada di Ambon dan masih banyak sekali makanan khas lainnya seperti: Papeda dengan ikan kuah kuning, acar kuning dengan kanari, Bunga Papaya campur Ikang Asar, Babengka Kanari, Sayur Matel Santan campur ikan Asar, Sagu gula, sagu tumbuk dan lain-lainnya. (IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!