Kaya Manfaat, Ayo Rutin Konsumsi Tomat Agar Tubuh Sehat – Ambon Ekspres
Kesehatan

Kaya Manfaat, Ayo Rutin Konsumsi Tomat Agar Tubuh Sehat

Meski mungkin tak populer sebagai bahan makanan, tomat sebetulnya memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Profesor Tjandra Yoga Aditama menyebutkan bermacam nutrisi bermanfaat disimpan oleh tomat yang berperan mulai dari menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan penelitian terakhir bahkan mengaitkannya dengan gangguan syaraf.

“Tomat dapat melindungi sistem jantung dan pembuluh darah karena menurunkan kadar kolesterol total, LDL (low-density lipoprotein), dan pengaruhnya terhadap kadar kolesterol baik dan trigliserida,” kata Tjandra.

“Sebagai buah / sayur segar maka tomat dicerna dengan baik dan bagus untuk kesehatan saluran pencernaan,” lanjutnya.

Terkait hal tersebut Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM(K) juga mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi tomat dalam negeri. Hal tersebut ia katakan untuk mempromosikan kesehatan dan juga membantu para petani lokal.

Harga tomat saat ini tengah terpuruk. Para petani tomat di daerah bahkan sampai membuang tomat di jalan-jalan dan selokan akibat kesal panennya dihargai rendah. Pada satu titik harga sekilogram tomat dijual hanya Rp 200.
“Tomat banyak vitamin A-nya, sangat diperlukan sebenarnya bukan untuk mata saja.

Saya akan sedih sekali kalau liat over produk tomat, petaninya marah terus dibuang dilindes. Menurut saya tomat ini kan pemberian Tuhan,” tutup Nila ketika ditemui di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/8/2015). (fds/mrs)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!