Pengamanan Pilkada dan Pesparawi Harga Mati – Ambon Ekspres
Metro Manise

Pengamanan Pilkada dan Pesparawi Harga Mati

Murad : Maluku Sudah Aman

AMBON, AE— Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Murad Ismail mengatakan, pengamanan jelang pemilu dan Pesparawi ke XI, yang berlangsung di Maluku akhir tahun 2015 ini, akan dilakukan secara maksimal dan melibatkan seluruh kekuatan personil yang ada. “Pengamanan Pilkada dan Pesparawi itu harga mati. Kami jamin seluruh pelaksanaan dari dua kegiatan itu tetap berjalan aman dan lancar,” tegas Murad usai menghadiri upacara HUT RI ke 70 di lapangan Merdeka Ambon, kemarin.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan seusai pilkada maupun pesparawi. “Pengamanan itu tanggungjawab kami (polisi, red). Dan tidak ada neko-neko. Kita tunjukan bahwa Maluku ini tidak ada apa-apanya lagi. Maluku ini sudah aman dan siap melaksanakan kegiatan apapun,” katanya.

Untuk personil yang akan diterjunkan nanti, Murad mengaku, akan melibatkan seluruh kekuatan yang dimiliknya termasuk beck up dari personil TNI yang ada di Kodam XVI/Pattimura. “Kami tidak akan datangkan personil dari luar Maluku. Kekuatan kita cukup. Pileg dan pilgub kemarin saja tidak diminta apalagi pilkada di empat kabupaten ini. Maluku dijamin aman saat pelaksanaan pilkada itu,” tegasnya.

Sementara soal pendanaan pengamanan pilkada, kata dia, bukan suatu jaminan untuk pihaknya melaksanakan pengawalan terhadap proses demokrasi diempat kabupaten tersebut. “Ada dan tidak kita tetap melaksanakan pengamanan dan pengawalan. Karena itu tanggungjawab kami. Tidak ada kata lain, pengamanan tepat harus dilaksanakan,” terangnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan situasi dan kondisi keamanan di kota Ambon, saat pilkada di empat kabupaten di Maluku, Kapolres Ambon AKBP Komaruz Zaman mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan pengamanan disejumlah titik yang dianggap rawan terjadinya gangguan. ‘’Siap dua platon kami tempatkan di KPU, Bawaslu dan Kantor Gubernur. Jika ada terjadinya hal-hal  diluar dugaan kami maka kami akan minta bantua dari polda maupun satuan samping kami yakni TNI. Namun sejauh ini kami siap melaksanakan pengaman di Kota Ambon, sebagai langkah antisipasi dari pelaksanaan pilkada diempat kabupaten itu,” terangnya.
(AHA)

Most Popular

To Top