Atlet Cilik Maluku Bertemu Presiden – Ambon Ekspres
Trending

Atlet Cilik Maluku Bertemu Presiden

AMBON, AE— Menjadi orang termuda, dan mungkin orang muda pertama dari Maluku yang bertemu presiden, membuat Almendo Pesiwarissa bangga. Atlet karate bertubuh mungil itu diundang resmi ke Istana Negara untuk bertemu langsung Presiden RI, Jokowi Widodo.

Atlet cilik asal perguruan Lemkari tersebut diundang Jokowi karena telah mengharumkan nama ‘Merah Putih’ di kancah internasional. ”Dia berhasil menyumbangkan medali emas usai menaklukkan karateka asal Jerman dengan skor 3-0 di final  kejuaraan dunia antarpelajar di Swiss, September 2014 silam. Prestasi inilah yang membuat Almendo diundang ke istana,” beber Deni Boike Pesiwarissa, ayah Almendo saat menghubungi Ambon Ekspres langsung dari Istana Negara RI, kemarin.

Menurut Deni, bukan hanya Almendo, tapi ada beberapa atlet juga diundang ke istana. Hari ini (kemarin), dia sudah bertemu langsung dengan presiden. ”Saya dan istri yang mendampinginya,” kata Deni.

Menurut Deni, Presiden bangga dan bahagia atas prestasi yang diukir semua atlet yang pernah meraih emas di event internasional. ”Saya bangga karena kalian (atlet) telah mengibarkan sang ‘Merah Putih’ di negeri orang,” kata Deni mengutip pembicaraan Presiden.

Pada pertemuan itu, kata Deni,  Presiden juga memberikan dukungan penuh kepada Almendo maupun atlet yang lain untuk mengharumkan nama Indonesia di event internasional lainnya. Presiden bahkan berharap, Almendo bisa mengulang prestasinya di event karate yang akan datang. ”Prestasi yang pernah kalian (atlet) raih harus bisa diulang pada event di waktu mendatang,”  imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Deni sendiri merasa bangga dan gembira karena anaknya diberi kesempatan bertatap muka secara langsung dengan orang nomor satu di negeri ini. ” HUT RI yang ke-70 ini akan menjadi sejarah bagi anak saya sebab dia diundang ke istana. Ini hari yang paling membahagiakan bagi saya, istri dan Almendo,” papar dia.

Prestasi yang diraih anaknya tidak didapat dengan mudah. ”Prestasi itu datang karena kerja keras serta latihan rutin. Sebelum berangkat ke Swiss dan menjadi juara dunia,  ia berlatih terlebih dahulu melalui training centre (TC) di Cisarua, Bogor. Saat ini, Almendo menyandang ban cokelat di Lemkari Maluku.”

“Almendo merupakan aset olahraga Maluku. Prestasi yang pernah dia raih harus menjadi inspirasi bagi munculnya atlet-atlet karate Maluku lainnya,” tambah Deni.

Bukan hanya bertemu Presiden, imbuh Deni, Almendo juga bertemu Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Anis Baswedan. ”Setelah bertatap muka dengan Pak Presiden, Almendo juga bertemu Pak Anis (Baswedan),” tutup Deni.

Sementara itu, Alemendo memberikan ucapan terima kasih kepada presiden.” Saya ucapkan terima kasih untuk semuanya,” kata Almendo. Almendo mengaku sedikit tegang saat bertemu dengan Pak presiden.” Beta (saya) sedikit tegang karena tidak percaya bisa ketemu langsung presiden. Tapi, saya bahagia hari ini,” terang dia.

Almendo yang bercita-cita ingin menjadi dokter itu menambahkan, menjadi juara dunia tidak terlepas perhatian orangtua yang memberikan latihan baik di rumah maupun latihan bersama teman-teman. ”Kalau di rumah bapak yang melatih saya. Sedangkan kalau dengan teman-teman ada pelatih (Beni Muskitta),” ujar Almendo, siswa Kelas 4 SD Xaverius C Ambon ini.(ZAL)

Most Popular

To Top