Pemerintah Kebut Persiapan Pesparawi – Ambon Ekspres
Trending

Pemerintah Kebut Persiapan Pesparawi

AMBON, AE— Pemerintah provinsi Maluku terus mempercepat pembangunan beberapa infrastruktur yang akan dipakai sebagai tempat pelaksanaan lomba  Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional ke- XI   di kota  Ambon, Oktober mendatang. Sejumlah ruas jalan, termasuk pembangunan Jembatan Merah Putih dikebut hingga tuntas sebelum pelaksanaan pesparawi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku Ismail Usemahu mengungkapkan,  persiapan infrastruktur penunjang pelaksanan lomba  pesparawi  telah dilakukan di sejumlah tempat yang  akan menjadi lokasi acara pembukaan, pelaksanaan lomba, dan acara penutupan.  “ Sudah dipersiapkan, ya. Jadi lokasi-lokasi acara pembukaan, lokasi lomba dan acara penutupan, dipersiapkan,” kata Usemahu, kemarin.

Persiapan lokasi tersebut, lanjut Usemahu, diantaranya  renovasi Baileo Oikumene, Gedung Santo Fransiscus Xaverius, Taman Budaya dan Sport Hall. “Kita lakukan perencanaan sebaik mungkin. Kita harapkan, minggu ke tiga bulan September, semua sudah siap,” tegas  Usehamahu.

Selain persiapan lokasi, pemerintah juga telah mempersiapkan infrastruktur jalan, terutama untuk akses ke lokasi-lokasi pelaksanaan berbagai mata acara dalam even Pesparawi nanti.

Usemahu mengatakan, untuk jalan dikerjakan oleh  pihak Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BPJJN) wilayah XII  Maluku- Maluku Utara. Pengaspalan dilakukan di sejumlah ruas jalan menuju tempat-tempat kegiatan, diantaranya jalan akses ke gedung Kristiani Center, stadion Mandala Remaja hingga ke Wisma Gonzalo di Karang Panjang.

Soal kooridinasi dengan pihak balai jalan untuk persiapan Jembatan Merah Putih, Usemahu mengatakan, terus dilakukan. JMP diharapkan bisa rampung sebelum Pesparawi dibuka.  “Semua kita lakukan. Semua kita koordinasi dengan baik. Pokoknya pada saat acara pesparawi  itu sudah siap semua,” tegasnya.

Ketua DPRD provinsi Maluku Edwin Adrian Huwae menilai, panitai pesparawi telah bekerja dengan baik, terutama dalam berbagai persiapan pelaksanaan even bertaraf nasional itu. “Saya kira panitia pesparawi sudah bekerja dengan baik,” ungkapnya.

Sebagai wakil rakyat,  DPRD akan terus mendukung pemerintah terutama panitia  lomba pesparawi dalam mempersiapkan even itu agar berjalan lancar dan sukses. “Karena pesparawi adalah agenda nasional, maka kami juga akan mendukung penuh agar bisa dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Karenanya, DPRD  Maluku  akan memberikan dukungan konkrit melalui anggaran. Dan itu akan dibicarakan oleh DPRD dan pemerintah daerah dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) perubahan tahun 2015.

Huwae  berharap,  masyarakat Maluku, terutama di Kota Ambon dapat berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan lomba pesparawi yang direncanakan berlangsung tanggal 2 hingga 12 Oktober 2015 nanti. (MAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!