Event Nasional Jadi Ajang Promosi Kerajinan Maluku – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Event Nasional Jadi Ajang Promosi Kerajinan Maluku

Keterampilan mebel seperti lemari, jendela, kursi dan meja yang terbuat dari kayu, sampai saat ini menjadi pekerjaan yang mengasyikan bagi Markus Nifu. Jenis kayu yang dipilihnya pun tidak sembarangan.

Harus kayu jenis Lenggua/Jendana yang mempunyai kualitas tinggi. Kayu jenis ini sendiri banyak ditemui di Maluku, yang dipasok dari beberapa daerah di Maluku.

Di ruang pamer kerajinan Maluku yang terletak di Belakang Soya Ambon, berbagai macam kerajinan kayu yang terpajang di situ.

Hampir semuanya merupakan kreasi tangan para pengrajin lokal di Kota Ambon. Bongkahan kayu diubah menjadi berbagai aneka kerajinan, lemari sudut dengan motif ukiran menjadi salah satu pajangan yang sudah berkali-kali diproduksinya.

”Barang yang ada di sini merupakan barang pajangan, setiap pengunjung yang datang bisa melihat-lihat barang pajangan. Jika mereka tertarik, mereka bisa memesannya,” ungkapnya, saat ditemui Ambon Ekspres,kemarin.
Ia sampaikan, wisatawan mancenegara (wisman) menyukai kerajinan yang unik-unik.

Kerajinan seperti perahu cengkeh menjadi barang yang wajib dibeli oleh mereka. Selain itu ada juga kotak perhiasan dari kayu yang dibeli oleh mereka. Menurutnya, lewat event-event nasional yang dilakukan beberapa kali di Ambon, menjadi kesempatan untuk mempromosikan aneka kerajinan tangan lokal. “Bahkan ada juga yang sengaja dibeli untuk dipromosikan di luar daerah,” ungkapnya.(IWU)

Most Popular

To Top