GMGM Jadi Program Unggulan – Ambon Ekspres
Trending

GMGM Jadi Program Unggulan

AMBON, AE— Gubernur Maluku, Said Assagaf menegaskan pemerintah akan terus mendorong berbagai program bidang pendidikan,  termasuk gerakan Maluku gemar membaca (GMGM).

Hal ini disampaikan gubernur, dalam paripurna istimewa HUT Provinsi Maluku ke-70 yang berlangsung di ruang rapat utama gedung DPRD Maluku Karang Panjang Ambon, Rabu (19/8).  Program ini telah dicanangkan sejak awal tahun 2014 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan.

Gerakan ini mulai menjalar dari Kota Ambon, ibukota Provinsi Maluku hingga Kabupaten/kota di Maluku.  Kepada wartawan, Gubernur menegaskan program GMGM merupakan salah satu terobosan untuk memberantas kebodohan dan kemiskinan di Maluku.

“Program gerakan Maluku gemar membaca sebuah terobosan yang kita buat dalam upaya memberantas angka kebodohan dan menghilangkan angka kemiskinan di wilayah Maluku,” tandas Gubernur saat diwawancarai usai mengikuti paripurna istimewa.

Realitas pendidikan di Maluku saat ini, kata dia, memperlihatkan masyarakat Maluku masih rendah keinginan untuk membaca. Ini turut mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. “Kenapa saya mengatakan  demikian,  fakta membuktikan masyarakat Maluku sampai dengan hari ini belum  mahir membaca, otomatis kita miskin dalam ilmu pengetahuan, sehingga harus digerakan gemar membaca, agar masyarakat Maluku bisa keluar dari kemiskinan dan kebodohan,” tegasnya.

Untuk bidang pendidikan  selain mencanangkan program GMGM, beberapa agenda yang akan dilaksanakan tahun 2015 diantaranya, mendorong peningkatan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menjadi Universitas Islam Negeri Ambon,  Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Kristen (STAKPN) Ambon menjadi Institut Pendidikan Agama Kristen Negeri Ambon, mendorong kemajuan Universitas Pattimura Ambon sebagai kampus kebanggaan masyarakat Maluku, dan membiayai pendidikan bagi 56 akademisi bergelar doktor diberbagai disiplin ilmu.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara (Malra) Anderias Rentanubun memberikan apresiasi kepada harian Ambon Ekspres atas gerakan yang kini mulai menjadi gerakan bersama di Maluku. “Program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang dimotori oleh Harian Ambon Ekspres merupakan suatu program yang sangat bagus,” ungkap Bupati kepada Ambon Ekspres saat menghadiri paripurna HUT Provinsi Maluku di Gedung DPRD Maluku, pagi kemarin.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua juga memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan GMGM. “Yang namanya program untuk mendorong kualitas pendidikan di Maluku, pasti kita dukung,” kata Tuasikal.

Disela-sela perayaan HUT Proklamasi Gubernur dan Wakil Gubernur, pimpinan DPRD Provinsi Maluku  dan forkompida Maluku berkesempatan menyerahkan hadiah untuk pemenang lomba kegiatan HUT Provinsi Maluku dan pemenang lomba karya tulis pada program gerakan maluku gemar membaca. (PRO1/SAT)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!