GMGM Salah Satu Program Maluku di Bidang Pendidikan – Ambon Ekspres
Pendidikan

GMGM Salah Satu Program Maluku di Bidang Pendidikan

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Maluku yang ke-70 tahun 2015 dalam pidatonya di gedung DPRD Provinsi Maluku, Rabu (19/8), telah menegaskan berbagai program dan kegiatan dibawah kepemimpinnya dan wakil Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Maluku.

Salah satu program yang digagas Pemerintah Provinsi Maluku yakni menggeliatkan program Gerakan Maluku Gemar Membaca atau GMGM.

Program ini pun telah dicanangkan sejak awal tahun 2014 bahkan dengan menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan. Gerakan ini pun mulai menjalar dari Kota Ambon, ibukota Provinsi Maluku hingga Kabupaten/Kota lain di bumi raja-raja.

Usai membawakan pidato, kepada wartawan, Gubernur menegaskan, program GMGM merupakan salah satu terobosan untuk memberantas kebodohan dan kemiskinan di Maluku.

“Program gerakan Maluku gemar membaca adalah sebuah terobosan yang kita buat dalam upaya memberantas angka kebodohan dan menghilangkan angka kemiskinan di wilayah Maluku,” tandas Gubernur, saat diwawancarai usai mengikuti paripurna istimewa, dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-70 tahun di Gedung DPRD Provinsi Maluku.

Kenapa dikatakan program GMGM merupakan terobosan? ‘’Realitas pendidikan di Maluku saat ini memperlihatkan masyarakat Maluku belum mahir membaca, hal ini turut memperngaruhi kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tentu berdampak pada angka kemiskinan dan kebodohan.

Kenapa saya mengatakan demikian, fakta membuktikan masyarakat Maluku sampai dengan hari ini belum mahir membaca, otomatis kita miskin dalam ilmu pengetahuan, sehingga harus digerakan gemar membaca, agar masyarakat Maluku bisa keluar dari kemiskinan dan kebodohan,” tegasnya.

Sebelumnya, orang nomor satu di Maluku ini pun dalam pidato, menyampaikan untuk bidang pendidikan beberapa program yang akan dilaksanakan tahun 2015 diantaranya mendorong peningkatan status IAIN STAIN Ambon menjadi IAIN Imam Rijali Ambon, dan Sekolah Tinggi Pendidikan Agama Kristen Negeri (STPAKN) Ambon menjadi Institut Pendidikan Agama Kristen Negeri Ambon, mendorong kemajuan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon sebagai kampus kebanggaan masyarakat Maluku.

Selain itu membiayai pendidikan bagi 56 akademisi bergelar doktor diberbagai disiplin ilmu, dan membentuk salah satu kampus bagi laboratorium pembangunan di Maluku. (PRO1/SAT)

Most Popular

To Top