Lestarikan Musik Kolaborasi – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Lestarikan Musik Kolaborasi

Perkembangan budaya yang begitu pesat, harus diantisipasi dengan memperkuat identitas kebudayaan lokal.

Berbagai kesenian tradisional yang sesungguhnya menjadi aset kekayaan kebudayaan nasional,  jangan hanya menjadi alat atau slogan semata. Seiring laju perkembangan tersebut dengan segala kreativitasnya, para seniman berusaha melestarikan musik tradisional melalui beragam cara.

Di antaranya memadukan unsur musik yang berbeda. Yakni, musik tradisional dan modern atau sering disebut dengan musik kolaborasi.

Delon, salahsatu gitaris bass dari Loleba Project mengungkapkan bahwa, salah satu faktor munculnya musik kolaborasi adanya ketertarikan personil world musik, yakni munculnya inspirasi dari aliran musik dunia, sehingga berkeinginan memperkaya musik, budaya dan melestariakn musik tradisi dengan kemasan yang lebih fresh melalui musik kolaborasi tersebut.

Menurutnya, dengan adanya kolaborasi dalam bermusik menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan musik tradisi kepada masyarakat luas. Selain itu, merupakan kreativitas seniman yang ingin berkarya dan mengahasilkan suatu jenis musik yang unik dan berbeda.

Dia kemudian mencontohkan lagu daerah dari Maluku dikemas dengan menggunakan aliran musik pop tanpa menghilangkan nilai-nilai tradisi dan kebudayaan yang terdapat dalam setiap lirik lagu tersebut.

Atau kolaborasi antara jenis musik yang saat ini sementara booming. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh aliran musik dari negara-negara luar sangat berdampak kuat bagi generasi muda para pencinta musik khususnya.

Pada hal musik kolaborasi dapat dicerna dengan baik dan bisa menjadi senjata yang ampuh untuk menjerat minat generasi muda untuk lebih mengenal dan tertarik pada musik tradisi, termasuk berbagai jenis instrumen yang ada di dalamnya.

Bukan  hal yang tidak mungkin, jika musik kolaboasi dapat mengubah pandangan seseorang yang menganggap musik tradisional tersebut membosankan, serta menyadari bahwa musik tradisional juga dapat dikemas dengan menarik dan disukai oleh kaum muda masa kini.

“Selain bisa mengubah pandangan generasi muda terhadap musik tradisi, musik kolaborasi banyak diharapkan oleh generasi muda yang menganggap kolaborasi musik tersebut adalah keunikan yang sangat menarik, karena tetap melestarikan kesenian tradisi, tapi tetap mengikuti perkembangan musik modern saat ini,” katanya.(IWU)

Most Popular

To Top