Di SMA Maria Mediatrix, 3 Kali Seminggu Berbahasa Inggris – Ambon Ekspres
GMGM

Di SMA Maria Mediatrix, 3 Kali Seminggu Berbahasa Inggris

SMA Maria Mediatrix Ambon dibawah kepemimpinan Kepala SMA, Ros Fautingilyanan terus berupaya melakukan berbagai strategi demi pengembangan sekolah yang bernaung dibawah Yayasan Katolik Bintang Timur itu.
Sekolah tersebut sejak dua tahun terakhir telah memberlakukan penggunaan Bahasa Inggris bagi siswa dan guru dimana dalam sepekan telah ditetapkan 3 hari penggunaan bahasa asing tersebut.

“Dalam sepekan, sekolah telah menetapkan hari Senin, Rabu dan Jumat untuk sebelum masuk kelas diawali dengan berdoa dalam bahasa Inggris ataupun menyapa teman dan guru sebagai aktualisasi pada misa pembukaan tahun ajaran beberapa waktu lalu SMA Maria Mediatrix diberikan tanggungjawab sebagai koor (paduan suara) di gereja telah membuktikan dengan melangsungkan ibadah dalam penggunaan bahasa Inggris,” ungkap Kepsek ketika memimpin rapat dengan orang tua siswa SMA Maria Mediatrix di aula sekolah, pekan lalu.

Membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris, kata kepsek merupakan bagian dari menyiapkan siswa SMA Maria Mediatrix menghadapi persaingan pasar bebas yang penuh daya saing dan tantangan kedepan.

Sekolah katolik itu pun menegakan disiplin bagi siswa dan guru. Pasalnya sesuai tata tertib sekolah yang ditetapkan aktivitas sekolah resmi dimulai pukul 07.00 WIT dan selesai pukul 14.00 WIT.

“Setiap hari kurang 10 menit dari jam 7 pagi lonceng sudah dibunyikan dan tepat jam 7 siswa sudah apel sehingga 5 menit digunakan untuk pemberiaan arahan atau pun informasi bagi siswa,” tuturnya.

Kata kepsek, pola yang digunakan sekolah merupakan strategi yang dapat mendidik siswa di sekolah yang dipimpinnya. Hanya saja, orang tua siswa juga diingatkan untuk memberikan perhatian serius bagi siswa. Karena menurutnya, pendidikan utama berada di rumah dan pendidikan kedua ada di sekolah.

Dalam rapat itu kepsek menambahkan, bagi siswa-siswi Kelas XII (kelas III) yang merupakan kelas persiapan kelulusan. Kedepan sesuai kesepakatan rapat orang tua, bila terhitung siswa-siswi yang alpa atau tidak hadir sebanyak 10 kali dalam daftar absen maka pihak sekolah akan merumahkan siswa bersangkutan.

“Kita sepakat, bila siswa tidak hadir kita akan membuat surat resmi dan merumahkan bersangkutan selama 6 hari. Nila masih saja mengulangi kita kembalikan lagi ke rumah dengan catatan ketika siswa kembali ke sekolah menunjukan catatan mata pelajaran selama tidak masuk sekolah,” paparnya.

Terkait penerapan kurikulum, SMA Maria Mediatrix Ambon masih menggunakan kurikulum 2006 namun sementara ini pihaknya lagi menyiapkan diri untuk direncanakan dalam tahun ajaran 2016/2017 sudah dapat menerapkan kurikulum 2013.

“Kita masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau kurikulum 2006, jadi memang kita berharap dukungan orang tua untuk menyiapkan kebutuhan belajar mengajar siswa sepetri pena, buku, tas dan kebutuhan lain. Hal ini sebagai bentuk suport orang tua bagi pendidikan anak,” imbaunya. (SAT)

Most Popular

To Top