GMGM Rangsang Masyarakat untuk Cerdas – Ambon Ekspres
Pendidikan

GMGM Rangsang Masyarakat untuk Cerdas

Program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang dimotori Harian Ambon Ekspres dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku sangat strategis, karena gerakan ini mampu merangsang masyarakat Maluku untuk cerdas.

Demikian disampaikan Dosen Fakultas Pertanian Unpatti Ambon Dr. Ir. Non Sahusilawane, MS, kepada koran ini di Hotel Amaris, kemarin.

Menurutnya, masyarakat Maluku perlu meningkatkan wawasan pengetahuan mereka dengan cara membaca, apalagi kalau dimulai dari desa pinggiran.

‘’Kita tahu bersama kalau disetiap desa itu ada perpustakaan. Selain desa memiliki perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku pengetahuan, komik maupun lainnya, sekolah-sekolah, gereja dan mesjid juga menyiapkan buku-buku bacaan.

Ini penting, sehingga kan menjadi cikal bakal bagi masyarakat Maluku khususnya generasi muda Maluku untuk pengembangan pendidikan melalui membaca,’’ ingatnya.

Karena itu, katanya, anak sudah harus dilatih belajar membaca sejak dini, karena dengan membaca jendela dunia itu akan terbuka.

Disamping itu, dia menambahkan, untuk daerah ini juga sudah ada desa pintar, dengan difasilitasi Informasi dan Teknologi (IT) seperti internet, dimana melalui internet itulah masyarakat Maluku bisa membaca apa saja.

‘’Nah, dari internet itu juga bisa membuat rangsangan bagi masyarakat Maluku untuk membaca dan menjadikan masyarakat Maluku yang cerdas,’’ tandasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top