Pilkada 3 Kabupaten, 1 Lawan 1 – Ambon Ekspres
Trending

Pilkada 3 Kabupaten, 1 Lawan 1

Penetapan di 4 Kabupaten Berjalan Aman

AMBON,AE— Komisi Pemilihan Umum tiga kabupaten, Seram Bagian Timur, Aru, dan Buru Selatan, menetapkan pertarungan merebut kursi Bupati-Wakil Bupati  akan diikuti masing-masing dua pasangan calon. Sementara di Maluku Barat Daya, ada tiga pasangan calon yang dinyatakan lolos.

Kemarin, secara resmi KPUD empat kabupaten di Maluku, telah menetapkan sembilan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2015, Senin (24/8). Kemarin, pukul 09.00 wit, KPU kabupaten Kepulauan Aru melakukan rapat pleno penetapan.

Pleno menetapkan dua bakal pasangan calon yang lolos sebagai pasangan calon, yakni Johan Gonga-Muin Sogalrey,SE dan pasangan Welhelm Daniel Kurnala,SH-Asis Goin dalam Surat Keputusan nomor 29/KPTS/KPU-Kab/029433676/VIII/2015, tanggal 24 Agustus 2015. Satu jam kemudian, tepatnya pukul 10.00 wit, diumumkan ke publik di KPU setempat.

Gonga-Muin didukung oleh Partai Nasdem, PKS, Demokrat dan PKPI dengan total suara sah 38,38 persen dan 40 persen kursi DPRD. Sedangkan pasangan Kurnala-Goin diusung PDIP, PAN, Hanura dengan presentasi suara sah partai 27,45 persen, dan  20 persen kursi DPRD. Dua bakal pasangan calon lainnya, yakni Abrahamn Gainau-Jafrudin Hamu dan Obed Barends-Eliza Darakay gugur, karena tak memenuhi persyaratan 20 persen kursi atau 25 persen suara sah pemilu.

Selain Aru, proses penetapan dan pengumuman pasangan calon di Bula, Kabupaten Seram  Bagian Timur, Buru Selatan dan Maluku Barat Daya, juga berjalan lancar dan aman. Setelah penetapan, KPU secara resmi menyurati pasangan calon masing-masing.

Untuk Pilkada SBT, terdapat dua pasangan calon, yakni Abdul Mukti Keliobas-Fachri Husni Alkatiri yang diusung partai Gerindra,PKS DAN Demokrat, dan pasangan calon Siti Umuriah Suruwaky-Sjaifuddin Goo dengan dukungan PKB,PKPI,PDIP, Nasdem Dan Hanura. penetapan   kedua pasangan ini sesuai SK KPU kabupaten SBT nomor 24/Kpts/KPU-Kab-029.433651/VIII/2015, tanggal 24 Agustus tentang penetapan calon bupati dan wakil bupati 2015.

Pilkada Buru Selatan juga diikuti dua pasangan calon sesuai SK KPU nomor 24/KPTS/KPU.Bursel/VIII/2015, yakni Tagop Sudarsono Solissa-Ayub Seleky dan Hakim Fatsey-Antonius Lesnusa.

Sementara untuk MBD terdapat tiga pasangan calon sesuai SK KPU MBD nomor dengan SK KPU MBD nomor 28/KPTS/KPU.MBD-029/VII2015, tanggal Agustus 2015, yakni S.M. Maahury-Kim David Markus yang diusung Gerindra dan Hanura, dan pasangan Nicolas Johan Kili Kili-Johanis Franks didukung Partai Nasdem dan PKB, serta pasangan Barnabas Orno-Benyamin Thomas Noach yang direkomendasi PDIP, Demokrat, Golkar dan PKPI.

Ketua KPU kabupaten Kepulauan Aru, Victor Sjaair, saat dikonfirmasi via telepon, Senin (24/8) mengatakan, sesuai jadwal, KPU akan melakukan pengundian nomor urut pasangan calon, hari ini.”Besok (hari inj) akan dilanjutkan dengan pengundian nomor pasangan calon,”tambahnya.

Musa Toekan mengatakan, penetapan pasangan calon oleh empat KPU kabupaten telah sudah sesuai aturan. ”Sudah pasti sesuai dengabn aturan perundang-undangan yang berlaku,”kata Musa.
Berjalan Aman

Sementara, secara keseluruhan, penetapan pasangan calon di empat KPU kabupaten berjalan lancar sejak pagi hingga sore kemarin. Tak ada aksi berarti, dari pasangan calon yang digugurkan.

“Dalam kondisi aman, belum ada peningkatan masa yang berarti. Namun keamanan tetap kita lakukan antisipasi,” kata Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kepulauan Aru Ajun Komisaris Besar Polisi Harold Huwae kepada Ambon Ekspres via sms, kemarin.

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, terlebih dari pendukung dua pasangan calon Bupati dan wakil bupati yang dinyatakan tidak lolos itu, pria dengan dua melati dipundaknya itu menerjunkan ratusan personil. Tak hanya polri melainkan juga gabungan dari TNI, terutama Kodim 1503/Maluku Tenggara, dan aparat TNI lainnya.

Tak hanya di Aru, pengamanan juga dilakukan di tiga kabupaten lainnya, misalkan Kabupaten Buru Selatan, SBT dan MBD, proses penetapan calon Bupati sendiri berlangsung aman.

“Kalau di MBD sendiri memang di ikuti oleh 3 kandidat itu. dan sejak pelaksanaan rapat untuk memutuskan balon menjadi calon, berlangsung aman dan Lancar. Sekitar 100 personil. Kita amankan kantor KPUD dan panwaslu,” kata Kapolres AKBP Richard Tatuh.

Sementara untuk SBT, sendiri penetapan pasangan calon tidak di hadiri oleh kedua pasangan tersebut, melainkan diwakili oleh pimpinan partai pengusung dari kedua pasangan calon.

“Dari jam 09. sampai dengan pukul 12.30 WIT, siang tadi semuanya berjalan Aman. Ada 150 personil kita turunkan untuk mengamankan pengumuman penetapan calon itu,”kata Kepala Bagian Operasi Polres SBT Ajun Komisaris Polisi Adi Nugroho.

Hal yang sama juga, terjadi di Kabupaten Bursel. Penetapan pasangan calon di Kantor KPUD Buru Selatan berlangsung aman. “Gabungan personil TNI,Brimob dan dari Satsabhara yang berada di Bursel, semuanya sekitar 80 Personil. proses sendiri, berlangsung aman,” jelas Kabag Operasional Polres Pulau Buru, Ajun Komisaris Polisi Agung Tribawanto, kemarin sore.(TAB/AHA)

Most Popular

To Top