Kota Ambon Kekurangan Tenaga S1 – Ambon Ekspres
Pendidikan

Kota Ambon Kekurangan Tenaga S1

Meski berbagai indikator telah berhasil diraih Kota Ambon dalam sektor pendidikan, namun pemerintah kota masih kekurangan kualifikasi Strata Satu (S1) tenaga pendidik atau guru pada jenjang pendidikan di kota ini.
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, disela-sela sidang paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Ambon, kemarin mengaku hal ini.

‘’Pemerintah Kota Ambon masih kekurangan tenaga pendidikan pada program produktif atau keahlian jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini karena tidak semua guru dapat mengajar pada tingkat SMK,’’ katanya.

Dia mengatakan, bertambahnya mata pelajaran dan meningkatnya standar kelulusan ujian nasional untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang mempengaruhi tingkat kelulusan siswa pada masing-masing jenjang pendidikan.

“Meski ada sekolah yang lulus 100 persen, namun ada siswa yang masih melakukan perbaikan terhadap hasil ujian terhadap mata pelajaran yang diujiankan,’’ ujarnya.

Louhenapessy mengakui, keberhasilan yang dicapai dalam bidang pendidikan selama pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 meliputi Angka Partisipasi Kasar (APK) Kota Ambon tahun 2014 untuk jenjang Sekolah dasar (SD) atau Madsrasah Iptidyah (MI) adalah 106,41 persen, jenjang SMPMTS adalah 87,88 persen dan jenjang SMA sederajat adalah 85,87 persen.

Selain itu lanjut dia, Angka Partisipasi Murni (APM) Kota Ambon untuk jenjang SD/MI 95,54 persen, SMP/MTS adalah 80,47 persen sedangkan jenjang SMA sederajat adalah 72,79 persen.

“Itu merupakan berbagai indikator dan keberhasilan yang telah dicapai dalam sektor pendidikan selama ini, ‘’ paparnya.(PRO2)

Most Popular

To Top