1.071 Personil Siap Amankan Pilkada Bursel – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

1.071 Personil Siap Amankan Pilkada Bursel

NAMROLE, AE.—Sebanyak 1.071 personil aparat gabungan TNI/Polri disiapkan untuk mengamankan pentahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala derah (Pilkada) di Kabupaten Buru Selatan (Bursel). Ribuan aparat keamanan itu terdiri dari aparat kepolisian Polres Buru yang dibantu aparat BKO Brimob Polda Maluku sebanyak 721 personil serta 350 anggota TNI.

“Jadi untuk personil yang dilibatkan untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada hingga pemunguatan suara di Buru Selatan sebanyak 1.071 orang,” ujar Kapolres Pulau Buru, AKBP Popy Yugonarko kepada pers usai bertindak selaku inspektur upacara pada apel gelar pasukan operasi mantap Siwalima 2015 dalam rangka pengamanan Pilkada serentak di Bursel yang dipusatkan dilapangan Desa Elfule, Kecamatan Namrole.

Perwira dengan dua melati di pundak ini mengaku, jumlah aparat TNI/Polri itu akan dibagi sesuai dengan pentahapan. Diantaranya kampanye, pemungutan suara, perhitungan suara dan lainnya.

Ribuan personil itu akan dibagi ke seluruh wilayah di Bursel sesuai dengan pentahapan. “Saat pemungutan suara di 152 TPS, ada pergeseran pasukan baik TNI maupun Polri,“ sebutnya.

Ia mengatakan, apabila terjadi eskalasi kemananan genting dan membutuhkan penambahan personil maka akan dilakukan. “Seumpamanya ada eskalasi keamanan maka perlu penambahan pasukan karena itu masuk dalam rencana operasi kita, ” janji Yugonarko.

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi dalam pentahapan pelaksanaan pilkada, kata dia, maka pasukan keamanan dari TNI/Polri juga akan disiagakan di Kecamatan Leksula dan Waesama. Olehnya itu, Yugonarko menghimbau kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi di Pikada Bursel sehingga bisa berjalan aman, damai dan lancar.

Ditempat yang sama, Dandim 1506 Pulau Buru, Letkol Inf Umar mengungkapkan, jumlah personil TNI yang akan diterjunkan membantu pengamanan pilkada sebanyak 350 orang.

Para personil ini dari Kompi D Kabaresi Namrole, Kompi A Kabaresi di Namlea serta para babinsa yang memonitor pilkada untuk membantu Polres Buru dalam rangka pengamana Pilkada di Kabupaten Bursel,” pungkasnya. (ESI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!