Pemkot Siapkan 15 Siswa Kuliah di Jepang – Ambon Ekspres
Ragam

Pemkot Siapkan 15 Siswa Kuliah di Jepang

DALAM rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Ambon kedepan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah menyiapkan siswa-siswi SMA/SMK lulusan terbaik diberikan beasiswa untuk kuliah di pelbagai perguruan tinggi di Tokyo, Jepang.

Seleksi Biasiswa Studi Strata Satu (S1), Marcus Sameaputty M.Ma, mengaku Pemkot Ambon tahun 2013 sudah mengirimkan 12 siswa ke Surya Institut untuk pendidikan guru masa depan dengan fasilitas beasiswa dari Pemkot Ambon.

Di tahun 2015, ada dua program yakni menyiapkan SDM dan Generasi Indonesia Jaya Untuk Semua (Genius). Dua program tersebut juga terealisasi pada 19 Agustus 2015 kemarin mengirimkan 9 siswa ke Surya Institut untuk mengikuti program pendidikan Genius.

Sementara pada bulan 6 Oktober 2015 mendatang, Pemkot akan kembali mengirimkan 15 siswa lulusan terbaik tahun ajaran 2014-2015 tingkat SMA dan SMK untuk mengikuti perkuliaan Starta Satu (S1) di Jepang.

“Jadi program ini agar memotivasi anak-anak didik supaya lebih giat belajar sehingga mendapatkan beasiswa berprestasi bisa berkuliah di Jepang.

BACA JUGA:  Pemkot Siapkan Wi-fi di Taman Karpan

Memang Pemerintah Jepang menjadi salah satu negera di dunia yang peduli terhadap pendidikan bahkan pemerintah Jepang menyiapkan peluang pekerjaan kepada 15 siswa untuk menunjang kebutuhan ekonomi selama 4 tahun kuliah,” tambah dia.

Seluruh admisnistrasi sudah siap baik pendaftaran kuliah, paspor maupun visa. Saat ini tinggal bagaimana siswa menyiapkan diri untuk belajar disana.

Untuk dikethaui, belasan siswa tersebut sedang mengikuti kursus bahasa Jepang dan kebudayaan Jepang selama tiga bulan di Ambon sebagai materi dasar atau pegangan ketika berada di Jepang.

”Meskipun kursus hanya 3 bulan namun anak-anak ini tidak diragukan lagi untuk kuliah di Jepang, sebab sampai disana mereka mengikuti kursus Bahasa Jepang selama 6 bulan baru dilanjutkan ke perguruan tinggi, adaptasi budaya, disiplin waktu, dan saling menghormati itulah budaya jepang yang perlu ditanamkan sebagai kata kunci untuk belajar di negara kaya SDM itu,” tuntasnya. (AID)

Most Popular

To Top