Pentury Rilis Pemain Jong Ambon Belanda Lawan PSA All Star – Ambon Ekspres
Olahraga

Pentury Rilis Pemain Jong Ambon Belanda Lawan PSA All Star

Tengens : Libatkan Tim dari luar Kota Ambon

AMBON, AE.—Manager tim sepakbola Jong Ambon Belanda akhirnya  mengumumkan 17 pemain untuk mengadakan uji coba dengan tim PSA All Star dan Tim Kota Ambon di Lapangan Merdeka nanti.

Menariknya, dari 17 nama tersebut, terdapat beberapa pemain keturunan Maluku, semisal Leroy Telussa, Yoni Sahertian hingga Giomaro Pattianakotta. Semua pemain ini berasal dari klub Divisi II Belanda. Mereka datang ke Ambon dengan alasan cinta akan tanah kelahiran orang tua mereka.

Maneger Tim Jong Ambon, Jim Pentury memaparkan, secara keseluruhan, ada 33 orang. Namun untuk pemain hanya ada 17 orang.

’ Kalau di Belanda, mereka (pemain) tersebar di beberapa klub atau tim. Tapi kami satukan mereka saat melawan tim PSA All Star maupun Tim Kota Ambon,’’ papar Pentury kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Pentury melanjutkan, bukan hanya pemain asal Belanda saja yang memperkuat tim ini (Jong Ambon). Tapi, ada beberapa pemain asal Irak, Kosovo maupun Suriname.’’ Mereka rela beli tiket dengan uang pribadi demi melihat keindahan kota bertajuk ‘Manise’ ini,’’ ungkapnya.

Dilaga uji coba nanti, kata dia, semua pemain akan bermain serius.’’ Tidak ada istilah menganggap remeh lawan. Inilah kesempatan bagi semua pemain untuk menunjukkan kepiawaian saat laga uji coba nanti,’’ ucapnya.

Menurut Pentury, daftar pemain sebenarnya ada 20 orang. Namun jumlahnya berubah jelang keberangkatan.’’ Ada tiga pemain yang batal berangkat ke sini (Ambon) karena pihak klub tidak memberikan izin kepada mereka,’’ ulasnya.

Sebenarnya, imbuh dia, pihak KNVB (PSSI-nya Belanda) juga tidak memberikan izin kepada semua pemain. Namun berkat komunikasi Pak Walikota Ambon (Richard Louhenepessy) dengan pengurus KNVB, mereka (pemain) pun diberikan izin untuk berangkat.

’’ Dari pihak KNVB hanya berikan izin kepada semua pemain hanya dua minggu. Kalau lebih dari itu, mereka akan kena sanksi,’’ jelasnya.’’ Ini juga bentuk dukungan kami atas program Mangente Ambon yang digagas oleh Pemkot Ambon,’’ demikian Pentury.

Dibagian lain, Heigel Tengens, Direktur SSB Amboina meminta kepada pihak panitia agar bisa menyertakatan klub dari luar Kota Ambon di laga uji coba nanti.’’ Memang ini dalam rangka Mangente Ambon. Tapi paling tidak libatkan beberapa klub dari luar kota ini, semisal klub asal Tulehu (Nusa Ina, Persenal),’’ pintanya.

Menurutnya, harus diakui bahwa kualitas permainan sepakbola muaranya ada di Negeri Sepakbola, yakni Tulehu. Jadi libatkan mereka di laga persahabatan itu sehingga permainan bisa lebih menarik.’’ Kalau tim asal kota ini, saya rasa jalannya permainan akan monoton,’’ nilai dia.’’ Intinya, libatkan semua orang dalam program ini. Jangan fokus di Ambon saja,’’ imbuh dia. (ZAL)

Most Popular

To Top