Perlu Dibangun Gedung Belajar Setiap RT/RW – Ambon Ekspres
GMGM

Perlu Dibangun Gedung Belajar Setiap RT/RW

Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan mampu menggerakan partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk lebih gemar membaca. Apabila dimungkinkan setiap kompleks, gang, dan RT/RW di pemukiman warga dibangun gedung belajar.

Harapan ini disampaikan Obi Kadise, salah satu pembina remaja gereja pada Jemaat GPM Ranting Petra Benteng Atas saat ditemui di sela-sela kegiatan lomba poco-poco memperingati HUT Gereja Protestan Maluku (GPM), kemarin.

Menurut Kadise, program Gerakan Maluku Gemar Membaca atau GMGM sudah menggema di masyarakat, dari kalangan orang dewasa hingga anak-anak usia dini. Tetapi apakah gema itu seiring dengan implementasi di lapangan, itulah yang kemudian menjadi kegelisahan dirinya.

“Sangat bagus program ini, saya sudah dengar bagaimana program ini digerakan pemerintah provinsi, tapi saya berharap implementasi gerakan ini nyata di lapangan,” kata Kadise.

Lanjut kata dia, sebagai salah satu implementasi gerakan membaca maka sebaiknya pemerintah membentuk tim untuk melakukan pemetaan di wilayah-wilayah terpencil di Maluku termasuk di kompleks-kompleks, gang, dan lingkungan RT/RW dengan cara mendirikan sebuah bangunan belajar.

“Saya mengusulkan agar pemerintah mencoba melakukan kunjungan ke daerah pelosok dan kawasan terpinggirkan di setiap daerah untuk selanjutnya dapat membangun gedung belajar yang dapat bermanfaat bagi pelajar termasuk masyarakat umum sehingga tidak perlu lagi ke warnet untuk mencari tugas. Cukup dengan mendatangi gedung belajar tersebut,” usulnya.

Dia menambahkan dengan adanya gedung belajar akan sangat membantu pemerintah menargetkan masyarakat Maluku gemar membaca sekaligus menyiapkan generasi Maluku yang berkualitas. Di sisi lain, keberadaan gedung belajar dapat meminalisir potensi kriminaliitas yang dilakukan kalangan pelajar dan pemuda.

“Saya yakin jika gedung ini dibangun akan meminalisir angka kejahatan di lingkungan, pergaulan bebas atau seks bebas, bahaya narkoba dan kejahatan lainnya demi menyiapkan generasi Maluku berkualitas,” harapnya. (SAT)

Most Popular

To Top