Walikota Diminta Buat Badan Penyuluh Pertanian – Ambon Ekspres
Amboina

Walikota Diminta Buat Badan Penyuluh Pertanian

AMBON, AE.—Hingga kini Kota Ambon belum memiliki Badan Penyuluh Pertanian BPP). Padahal, sesuai UU Nomor 16 tentang Badan Penyuluh, sudah diharuskan untuk dibentuk. Untuk itu Pemkot Ambon diharapkan segera membuat BPP. “Kita minta kepada Walikota Ambon lewat bidang pertanian untuk segera mengusulkan pembentukan BPP.

Saat ini, penyuluh sudah mencapai 60 orang. Karena di UU tidak ada namanya UPTD. Dan kita sekarang ini masih UPTD. Maka harus dirubah,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Ambon, Rofik Akbar Afifudin kepada wartawan di DPRD Ambon, kemarin.

Ketua DPD PPP Kota Ambon ini menilai, sebelumnya sudah sering dilakukan pembahasan dalam bentuk rapat untuk merubah UPTD menjadi BPP. Namun hingga kini belum disampaikan.

“Ini harus segera dibentuk karena peran mereka sangat penting. Dan mereka (penyuluh, red) harus punya balai sendiri.

Fasiltias sudah ada di Nania, tinggal diganti infrastrukturnya. Kalau sebelum harus ada perubahan dalam nomenklatur kita, sementara dalam nomenklatur kita belum ada. Maka walikota lewat perwali lah untuk membentuk badan penyuluh ini,” jelas Rofik.

Dirinya berharap, ada respons yang baik dari pemerintah untuk segera melihat permasalahan ini. ‘’Jadi kami minta segera dilakukan pemerintah kota sehingga nasib penyuluh semakin jelas. Karena sudah seharusnya kita di Kota Ambon tidak menggunakan UPTD, tetapi BPP,” pintanya.

Hal senada disampaikan anggota komisi III DPRD Ambon, Saida Azhar bin Taher. Menurut dia, saat ini BPP sangat dibutuhkan.

‘’Apalagi telah dijelaskan bahwa kita sudah memiliki kurang lebih 60 orang penyuluh. Maka sudah harus diganti UPTD. Harusnya ada kejelasan dari pemerintah dan perlu ditindaklanjuti untuk membentuk BPP. Apalagi sudah sekitar 60 orang penyuluh,” tandas politisi muda asal PKS ini. (ISL)

Most Popular

To Top