Hati-Hati…Si Manis Ini Berbahaya untuk Kesehatan Anda – Ambon Ekspres
Kesehatan

Hati-Hati…Si Manis Ini Berbahaya untuk Kesehatan Anda

TERNYATA,  banyak mengonsumsi gula berlebih bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti diabetes, kanker, masalah jantung dan obesitas.

Untuk itu Anda harus bisa mengetahui kadar gula yang tepat untuk tubuh anda, sehingga anda tidak mengalami gangguan kesehatan.
Lalu apa saja bahaya mengonsumsi gula berlebihan terhadap kesehatan? Berikut rangkumannya.

1. Gula bisa menurunkan tekanan darah Anda
Obesitas, salah satu konsekuensi utama akibat asupan gula tambahan yang berlebihan, merupakan faktor risiko utama untuk tekanan darah tinggi. Penelitian baru menunjukkan bahwa menambahkan gula kedalam makanan atau minuman juga meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi meningkatkan beban kerja jantung dan arteri dan bisa menyebabkan kerusakan sistem peredaran darah keseluruhan yang menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, stroke, kerusakan ginjal, penyakit arteri dan kondisi koroner serius lainnya.

2. Kolesterol jahat Anda
Orang yang mengonsumsi banyak gula tambahan lebih mungkin untuk memiliki tingkat tingkat yang lebih tinggi dari LDL, atau kolesterol jahat dan tingkat yang lebih tinggi trigliserida atau lemak darah. Kolesterol dan darah lemak jahat menyumbat arteri dan pembuluh darah menyebabkan serangan jantung.

BACA JUGA:  Hati-hati! Pengolahan Tak Tepat, Ikan Tuna Bisa Terkontaminasi Salmonella

3. Risiko serangan jantung Anda.
Orang yang terlalu sering menambahkan gula mengalami peningkatan penting dalam risiko serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula.

“Untuk setiap soda tambahan atau minuman manis yang Anda konsumsi, Anda bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 25 persen,” kata peneliti Darria panjang Gillespie, seperti dilansir laman Yahoo Health, Rabu (26/8).

4. Anda akan lebih mungkin untuk memiliki Alzheimer dan demensia
Diet tinggi gula mengurangi produksi bahan kimia yang dikenal sebagai neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF rendah telah dikaitkan dengan demensia dan penyakit Alzheimer.

5. Depresi
Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang lebih tua yang minum lebih dari empat porsi soda per hari adalah 30 persen lebih mungkin didiagnosis dengan depresi daripada orang yang minum air tanpa gula, kopi atau tea.

6. Membuat Anda kelihatan lebih tua
Seumur hidup mengonsumsi terlalu banyak gula bisa membuat kulit kusam dan berkerut. Hal ini disebabkan proses yang disebut glikasi, di mana gula dalam aliran darah Anda menempel pada protein untuk membentuk produk akhir glikasi lanjut yang merusak kolagen dan elastin, serat protein yang menjaga elastisitas kulit yang menyebabkan kulit keriput dan kendur.

BACA JUGA:  Hati-hati! Asap Rokok di Rumah Bisa Jadi Penyebab Kematian Bayi

Mereka juga menonaktifkan enzim antioksidan alami tubuh Anda, sehingga Anda lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. (fny/jpnn)

Most Popular

To Top