Jangan Abaikan Nasib 60 Guru Honorer di SMK ! – Ambon Ekspres
Pendidikan

Jangan Abaikan Nasib 60 Guru Honorer di SMK !

Ketua DPD Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Wilayah Maluku, Ahmad Bilal Tuhulele mengingatkan Pemerintah Provinsi Maluku agar mencari solusi bagi 60-an guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang selama ini telah mengabdikan diri bagi pendidikan Maluku dengan status hanya sebagai guru kontrak dan honorer.

Desakan ini disampaikan Tuhulele Kepada Ambon Ekspres saat ditemui di kampus PGSD Ambon, Jumat (28/9) menanggapi nasib sejumlah guru SMK se-Maluku yang tidak diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Menurutnya, sangat disayangkan bila hingga saat ini pemerintah terkesan tutup mata melihat nasib para guru di Maluku yang mengabdi berpuluh tahun tetapi tidak diperhatikan.

Dia menegaskan, kasus yang dialami para guru yang kerap ditemui sebagian besar tidak diperhatikan nasibnya bukan hal yang lumrah. Kendati dari segi pelayanan, para guru terhitung ada yang mengabdi 5-10 tahun dan adapula 10-15 tahun pengabdian tetapi tidak diperhatikan lantaran masalah politik, tidak memiliki bekingan kuat di lembaga pemerintahan dan unsur-unsur lainnya.

“Sudah sering terjadi para pahlawan tanda jasa ini mengeluhkan nasib. Mereka mengeluh tidak diangkat karena dinilai lawan politik dan adapula yang memang tidak diperhatikan karena tidak memiliki ‘orang dalam’ di lingkungan pemerintahan,” sesal jebolan Fisip Unpatti ini.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Maluku paling bertanggungjawab atas nasib 60-an guru SMK apalagi dari informasinya para guru disekolahkan atas program pemerintah Maluku di tahun 1980-an sebagai guru produktif. Namun sekembali dari pendidikan mereka (guru) tidak diperhatikan.

Dia berharap Pemerintah Provinsi Maluku dibawah kepemimpinan Gubernur Said Assegaf dan wakilnya, Zeth Sahuburua tetap harus bertanggungjawab atas dosa pemerintahan sebelumnya. “Kami minta nasib mereka diperhatikan, jangan terkesan mereka abaikan,” desaknya. (SAT)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!