Razia Kendaraan Wajib Ada Tanda Pemberitahuan – Ambon Ekspres
Metro Manise

Razia Kendaraan Wajib Ada Tanda Pemberitahuan

Dikatakan, razia yang dilakukan jajaran Direktorat Lalulintas Polda Maluku pada Kamis siang kemarin, sesuai dengan prosedur yang ada. Prosedur tersebut, lanjut mantan Kapolres Pulau Ambon dan Pp Lease, pihaknya telah memasang pemberitahuan sekitar 50 meter dari tempat yang dipakai untuk melaksanakan penertiban. “Ada tanda pemberitahuan itu. Yang mana bertuliskan ‘mohon maaf perjalanan anda terganggu. Ada dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan kendaraan anda’. Itu dipasang oleh petugas. Nah saat itu ada pengendara yang ternyata tidak memiliki kelengkapan kendaraan itu kaget dan mau menghidar akibatnya terjadi peristiwa kecelakaan di Belakang Soya,” katanya.

Terkait keluhan masyarakat dimana penertiban kendaraan tanpa ada pemberitahuan, Bintang menegaskan, tanda pemberitahuan saat melakukan penertiban maupun razia kendaraan wajib pasang setiap kali melakukan kegiatan tersebut. “Itu wajib, setiap kali melakukan razia. Dan tidak ada alasan untuk tidak memasang tanda pemberitahuan itu,” ujarnya.

Bukan saja tanda palang melainkan setiap kali razia maupun penertiban terhadap kendaraan, harus disertai dengan surat perintah dari pimpinan satuan tersebut. “Bukan saja tanda pemberitahuan saja, tetapi juga setiap kali ada razia, anggota kami bekali dengan surat perintah untuk melakukan kegiatan itu,” terangnya.

Sementara itu, soal adanya penemuan masyarakat, beberapa kali anggota Satlantas Polres Ambon melakukan penertiban tanpa ada tanda tersebut, Bintang menambahkan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi terkait dengan temuan tersebut. “Kalau alasan Polres Ambon bahwa pakai namun temuan masyarakat beberapa kali kegiatan tanpa ada tanda itu, maka ini menjadi masukkan kepada kami (ditlantas, red), untuk kita panggil dan akan kita melakukan evaluasi. Ini bentuk kelalaian anggota,” tegasnya.

Mantan Kapolres MTB ini berjanji, kedepan nanti pihaknya setiap kali melakukan penertiban dipastikan akan ada pasang tanda pemberitahuan tersebut.

“Masyarakat diminta untuk juga mengawasi kami setiap kali melakukan kegiatan itu. Dan masyarakat juga harus membantu kami dalam menertibkan lalulintas.

Artinya, masyarakat juga sudah harus sadar untuk mematuhi setiap aturan lalulintas yang ada, karena ini demi kebaikan dan kenyamanan kita bersama,” pesannya.(AHA)

Most Popular

To Top