Rencana Pangkalan Logistik Lokal Diapresiasi – Ambon Ekspres
Amboina

Rencana Pangkalan Logistik Lokal Diapresiasi

AMBON, AE.—Rencana perusahaan lokal untuk membangun pangkalan logistik di Saumlaki untuk mendukung operasional blok migas mendapat apresiasi dari wakil rakyat setempat dan pengamat ekonomi daerah ini.

Mereka menilai, kegiatan itu perlu dilakukan yang diharapkan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat. ‘’Saya melihat adanya peluang dan tantangan atas kesempatan yang tercipta dari blok blok migas di MTB ini.

Nah, selaku Ketua Komisi C DPRD MTB, saya akan mendorong pemerintah melalui Perusda untuk berpartisipasi mendukung kegiatan usaha hulu migas ini,’’ kata Sony Ratissa, S.Hut, kemarin.

Dia mengingatkan, berbagai kegiatan untuk menopang penyerapan tenaga kerja, patut didukung semua elemen masyarakat baik swasta maupun pemerintah.

‘’Nah, kami akan mendorong pemerintah dan dibentuk perusahaan daerah, sebagaimana di Sulsebar Shorebase kerjasama Perusda Sulselbar dengan swasta, Petrosea Wira Jatim yang merupakan kolaborasi antara Perusda Jawa Timur dengan Petrosea (swasta) dan lainya. Pihak swasta saja sudah melihat peluang ini apalagi pemerintah,’’ tandasnya.

Terpisah, pengamat ekonomi Maluku, Temmy Talaohu menyebutkan, sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negara lain, MTB masuk sebagai kawasan strategis nasional. ‘’Karenanya harus ada prioritas kebijakan pembangunan,’’ tandasnya.

Diingatkan, MTB masih ada dalam daftar salah satu daerah tertinggal. Karena itu, perlu ada perlakuan khusus untuk mempercepat pembangunan disana. ‘’MTB itu punya kandungan migas yang besar. Nah, jangan sampai ini tidak berefek terhadap peningkatan kesejahteraan secara langsung kepada masyarakatnya,’’ ingat Talaohu.

Karena itu, katanya, ide untuk menjadikan MTB sebagai basis logistik guna mendukung blok migas di Arafura harus didukung semua pihak. ‘’Sebab hal ini akan berefek terhadap lapangan kerja dan akan menstimulasi perekonomian lokal. Pemda Provinsi Maluku dan Kabupaten MTB harus membantu merealisasikan ide baik ini,’’ tuntasnya. (ERM)

Most Popular

To Top