Saatnya Mengunjungi Lokasi Wisata Air Terjun di Buru – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Saatnya Mengunjungi Lokasi Wisata Air Terjun di Buru

Kabupaten Buru merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak kekayaan alam, mulai dari darat hingga laut. Di darat bukan hanya tambang, namun disejumlah lokasi memiliki potensi wisata yang dapat dikunjungi para wisatawan, seperti Danau Rana maupun beberapa lokasi air terjun.

Khusus untuk lokasi wisata air terjun, saat ini ada telah dikelola pemerintah maupun masyarakat desa secara swadaya. Namun tak sedikit juga yang belum dimanfaatkan secara baik untuk tujuan wisata.

Memang, sejauh ini Kabupaten Buru lebih terkenal dengan julukan penghasil minyak kayu putih, lumbungan pangan nasional, dan daerah penghasil emas. Tapi ternyata di sektor pariwisata, daerah ini juga memiliki potensi besar, salah satunya adalah objek air terjun ini.

Selama ini ada beberapa lokasi air terjun di Buru telah menjadi pilihan sejak lama oleh masyarakat setempat. Namun objek-objek tersebut belum sepenuhnya dipromosikan keluar.

Salah satu kawasan air terjun yang sudah terkenal adalah air terjun Waetele yang berlokasi di Desa Waetele, Kecamatan Waeapo. Air terjun ini diakui sejumlah pengunjung memiliki keindahan tersendiri. Belum lagi panorama alam disekelilingnya yang masih asli dijamin akan memukau mata setiap orang yang berkunjung.

Lokasi air terjun ini Waetele sendiri berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Namlea, atau sekira 2 km dari permukiman masyarakat Desa Waetele. Lokasi air terjun ini juga tidak terlalu jauh dari Bendungan Waetele.

Salah satu Warga Waetele, Arifin mengaku, air terjun ini tidak banyak dikenal luas masyarakat Kabupaten Buru. Namun beberapa bulan terakhir ini, air terjun tersebut mulai menjadi perhatian masyarakat dari luar Kecamatan Waeapo.

Hampir setiap hari, air terjun tersebut terus dikunjungi banyak orang. Masyarakat yang berkunjung umumnya dari dan luar dataran Waeapo. “Kalau hari minggu itu banyak orang yang datang,” ujar Arifin.

Para pengunjung yang datang ingin menikmati keindahan air terjun tersebut. Air terjun yang ada di desa itu masih terlihat alami karena semua bebatuan yang ada masih terjaga dengan baik.

Walau lokasi dan aliran sungainya tidak seluas atau sederas air terjun di Desa Waprea dan di Desa Waeura. Namun, keindahan alam sekitarnya, dan kesegaran airnya mulai menarik simpati banyak orang.

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 15 meter itu memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Dimana dinding air terjun itu terdapat beberapa tingkat. Dan pengunjung yang berardenalin tinggi dapat memanjat ke tingkat tersebut.

Pengelolaan air terjun Waetele saat ini masih dilakukan oleh masyarakat Waetele. Setiap pengunjung diwajibkan membeli karcis masuk sebagai bentuk retribusi untuk desa dan keamanan atau pemeliharaan kawasan tersebut. (CR8)

Most Popular

To Top