Data Guru Terlambat, Tunjangan Terhambat – Ambon Ekspres
Pendidikan

Data Guru Terlambat, Tunjangan Terhambat

KEPALA seksi Pendidikan Madrasah Kanwil Provinsi Maluku Asukanjaya Banawi mengaku, sampai saat ini pihaknya belum menerima data guru agama dari kabupaten, sehingga tunjangan guru bagi guru yang mengajar disekolah madrasah ibtidaiyah (MI), belum bisa terbayar karena data mereka belum sampai ketangan Kanwil Maluku.

Banawi menyarankan, para guru mengecek ulang dimasing-masing sekolah untuk memastikan apakah nama mereka sudah dikirim ke kanwil kabupaten ataukah belum. Pasalnya kewenangan sepenuhnya berada di kepala sekolah untuk mengusulkan nama-nama tersebut. Terus, bagi guru yang mengajar di daerah terpencil, wajib mendapatkan tunjangan guru dari Kemenang Maluku.

“Yang berhak menerima tunjangan guru harus melampirkan keterangn mengajar selama tiga tahun dan memiliki UNPTK. Itu khusus bagi guru yang mengajar di daerah terpencil,” katanya.

Untuk Kabupaten SBB sebagian besar kecamatan disana masih memiliki akses yang mendukung. Sehingga bisa saja data guru yang sudah dimasukkan pihak sekolah perlu diverifikasi ulang ditingkat kabupaten.

‘’Nah, untuk memastikan data tersebut, alangkah baiknya para guru mengecek ulang baik di sekolah maupun kabupaten sebab belum satu pun nama dikirim kanwil kabupaten kepada kanwil Maluku,’’ terangnya.

Banawi yang dikonfirmasi justeru membantah tuduhan para guru terkait adanya dugaan melakukan praktek pilih kasih.

Bahwa sesungguhnya hal dimaksud tidak mungkin terjadi, apalagi menyangkut pergantian nama guru yang sudah terdaftar terus diganti dengan orang lain, karena itu melanggar aturan. Karena hak guru yang sudah mengabdi selama 3 tahun dan punya UNPTK.

“Mustahil jika praktek itu kami lakukan, apalagi sampai melakukan pergantian nama dengan nama orang, untuk memastikan hal itu para guru kemenag guru bisa mengecek kembali di sekolah maupun kabupaten untuk memastikan,” saran Batawi (AID)

Most Popular

To Top