Lima cabai terpedas di Dunia – Ambon Ekspres
Coffe Break

Lima cabai terpedas di Dunia

Sensasi pedas yang diberikan dari cabai dapat membuat makanan terasa lebih menantang! Makanya tidak heran jika masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi makanan pedas. Ternyata, bahan yang jago memeriahkan acara makan Anda ini bisa diukur tingkat kepedasannya.

Untuk mengukur tingkat kepedasan cabai, digunakan satuan SHU atau Scoville Heat Unit. Ukuran pedas sebuah cabai berkisar antara 1.000 hingga 10.000 scoville. Adakah cabai yang tingkat kepedasannya melebihi 10.00 scoville? Berikut lima cabai terpedas di dunia seperti dilansir AbraResto.com.

1.Red Savina Habanero
Red Savina Habanero ini memiliki skala 577.000 SHU. Kebayang tidak, pedasnya seperti apa? Pada tahun 1994 sampai dengan Februari 2007 lalu, Red Savina Habanero ini memegang rekor sebagai cabai terpedas. Untuk ukuran 579 Kg (1.272 pounds) saus pedas, kita hanya membutuhkan 1 gram cabe jenis ini.

2. Ghost Pepper (Naga Bhut Jolokia)
Cabai ini banyak dibudidayakan di India. Ghost Pepper atau lebih dikenal dengan nama Naga Bhut Jolokia berbentuk keriting-keriting agak aneh. Konon kisahnya, Ghost Pepper dibudidayakan untuk kemudian digunakan sari cabainya sebagai granat cabe, untuk membutakan musuh. Ghost Pepper ini memiliki tingkat kepedasan di kisaran 330.000-1.000.000 SHU.

3. Naga Viper
Naga Viper memiliki rasa pedas yang mencapai 1.382.111 SHU. Naga Viper dibudidayakan di Cumbria, England. Naga Viper ini ternyata merupakan tanaman persilangan antara Naga Morich, Bhut Jolokia, dan variasi Trinidad Scorpion. Itu merupakan tumbuhan cabai yang memiliki tingkat kepedasan di atas rata-rata. Makanya tidak heran jika mendengar namanya saja, sudah kebayang bagaimana pedasnya cabai yang satu ini.

4. Moruga Scorpion
Apakah Anda yakin mau mencoba jenis cabai satu ini? Sebab cabai ini punya tingkat kepedasan hingga 2.009.231 SHU. Bentuk cabai yang satu ini seperti perpaduan antara paprika dan cabai rawit merah. Cabai jenis ini bukan hanya bentuknya saja yang seperti buah, namun rasanya juga. Jika Anda mencoba memakannya, akan terasa kombinasi rasa pedas dan manis.

5. Trinidad Scorpion
Bentuk dari cabai yang satu ini berbeda dari cabai-cabai lainnya, agak unik dan agak menggemaskan. Tapi, Anda tidak boleh asal memegang cabai ini, jika tak ingin berujung kepanasan hanya gara-gara sebuah cabai. Perlu diketahui, kalau Trinidad Scorpion memiliki tingkat kepedasan di angka 1.400.000 SHU.

Bagaimana? Anda masih berpikir untuk bermain-main dengan cabai yang satu ini? Untuk Anda yang ingin mendapatkan cabai-cabai di atas mungkin akan kesulitan, tapi di Indonesia sendiri memiliki cabai-cabai yang tidak kalah pedas dan rasanya juga membuat lidah Anda ketagihan tentunya. (int)

Most Popular

To Top