Ospek Berujung Bentrok – Ambon Ekspres
Metro Manise

Ospek Berujung Bentrok

AMBON, AE— Bentrokan antar kelompok mahasiwa kembali pecah dikawasan kampus IAIN Ambon, Senin (31/8). Bentrokan ini dipicu akibat dari kesalapahaman saat pelaksanaan ospek mahasiswa di kampus tersebut, belum lama ini.

nformasi yang dihimpun koran ini dikawasan IAIN Ambon menyebutkan, insiden itu berawal ketika salah satu mahasiswa IAIN, berinisial IH alias Baim (23) bersama 4 rekannya, yang baru saja keluar dari lingkungan kampus IAIN dihadang oleh sekelompok pemuda yang diduga berasal dari salah satu daerah di luar Ambon.

Baim bersama rekannya yang tak terima dihadang langsung melakukan perlawanan. Dari situlah mulai mematik konsentrasi mahasiswa yang berada di kawasan tersebut. Aksi saling lempar dengan menggunakan batu tak bisa terelakan.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sejumlah mobil angkot yang sementara melintasi kawasan itu ikut terkena lemparan batu.

“Belum tahu pasti tetapi saat itu ada teman pulang ke rumahnya tiba-tiba dihadang belasan orang. Saat dihadang itulah hampir terjadi adu fisik antar kedua kelompok. Akhirnya tak lama kemudian terjadi aksi saling lempar,” kata salah satu warga di kawasan IAIN kemarin.

Aksi saling lempar itu terjadi sekira pukul 15.30 WIT. Aksi itu baru bisa reda setelah salah satu anggota Resmob Polda Maluku dan beberapa warga disekitar berupaya menghalau kedua kelompok.

“Sebelum aparat kepolisian tiba, ada salah satu anggota Resmob Polda menghentikan massa yang terlibat saling lempar,” kata warga yang meminta namanya tidak dikorankan itu.

Kini situasi dan kondisi keamanan disekitar kampus tersebut, sudah aman dan kondusif. Namun terlihat sejumlah personil kepolisian dari Polsek Sirimau dan Polres Ambon sementara berada di lokasi kejadian. Polisi juga sedang mengejar para terduga pelaku pemicu bentrokan tersebut.

“Ada insiden baku lempar tadi tapi kelihatannya tidak lama. Situasi sudah aman terkendali,” singkat salah satu anggota polisi yang ditemui di kawasan kampus IAIN.

Kapolsek Sirimau, AKP Aris Tiku yang dikonfirmasi membenarkan insiden tersebut. Menurut dia, situasi dikawasan kampus IAIN paska insiden tersebut kini sudah aman.

“Situasi setelah insiden tadi sore (kemarin, red) sudah aman terkendali. Namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi, maka ada sejumlah personil kita tempatkan di kawasan kampus. Kita masih melakukan penyelidikan dan terduga pelaku sementara kami cari,” jelas Tiku.(AHA)

Most Popular

To Top